image

Foto: Istimewa

29 April 2018 | 18:10 WIB | Suara Kedu

Pasukan Panji Tejo Siap Basmi Nyamuk Demam Berdarah

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com -Pasukan Panji Tejo, Kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta, siap membasmi jentik nyamuk DBD di kampung mereka. Pasukan yang terdiri dari anak-anak hingga remaja tersebut, bertekad menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di wilayah mereka masing-masing agar terbebas dari nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

Pasukan Panji Tejo atau Pasukan Anti Nyamuk Junior Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, tersebut,  dideklarasikan di Titik Nol Karangwaru Reverside, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Minggu (29/4). Deklarasi  disaksikan Wakil Walikota Yogyakarta, Drs Heroe Poerwadi MA, Camat Tegalrejo, RR Sutini Lestari dan para tokoh masyarakat.

Anak-anak pendekar pembasmi nyamuk ini, berasal dari Kelurahan Karangwaru, Kricak, Bener dan Tegalrejo. Jumlah mereka ada 100 orang dengan usia relatif belia, dan mereka masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) serta Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sebagai pasukan pembasmi nyamuk, mereka siap menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di wilayah mereka masing-masing agar kampung mereka terbebas dari nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

''Untuk bebas dari serangan demam berdarah, maka lingkungan kita harus bersih,'' ujar Wiratama salah seorang koordinator Pasukan Panji Tejo.

Wiratama salah seorang koordinator kegiatan Panji Tejo menjelaskan, Panji Tejo dibentuk dilatarbelakangi oleh keprihatinan warga akan wabah penyakit demam berdarah yang melanda wilayah Kecamatan Tegalrejo beberapa tahun silam. 

Ia berharap, kehadiran inovasi ini dapat mendukung program-program kesehatan yang ada di Kecamatan Tegalrejo. ''Harapan kami dengan adanya inovasi Pentik berharga dan ditambah Panji Tejo ini, masyarakat jadi bebas dari bahaya demam berdarah,'' ujar Wiratama. 

Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi, MA sangat mengapresiasi inovasi yang diluncurkan warga masyarakat di Tegalrejo. Dia juga bangga karena warga masyarakat Tegalrejo mampu mengajak anak-anak untuk terlibat mencintai lingkungan dan mencegah mewabahnya penyakit demam berdarah.

(Sugiarto /SMNetwork /CN41 )

NEWS TERKINI