30 April 2018 | Ekonomi - Bisnis

33 Pelabuhan Diduga Mangkrak

  • Menhub: Teliti, Perbaiki, Segera Dioperasikan

JAKARTA  - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bakal menindaklanjuti laporan terhadap 33 pelabuhan yang berstatus kondisi dalam pengerjaan (KDP) yang diduga mangkrak.

Menhub mengatakan, dari 33 proyek tersebut tidak seluruhnya belum selesai dibangun. Ada pula proyek yang sudah selesai, tapi belum dioperasikan. Untuk pelabuhan yang belum selesai dibangun, pihaknya akan menindaklanjuti di mana titik permasalahannya. ”Yang lainnya itu harus jalan. Jadi kita akan memfungsikan itu.

Sedangkan yang lain kita akan teliti apakah ada hal-hal tertentu yang harus diperbaiki dari proyek-proyek lama ini,” kata Budi Karya di Jakarta, Minggu (29/4). Dalam hal ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan pemerintah daerah (pemda) setempat.

”Saya yakin kita bisa mengefisienkan atau melakukan sesuatu, ya mencarikan jalan keluar karena dalam tinjauan Irjen (Inspektur Jenderal Kemenhub-Red) ke daerah sudah melibatkan PUPR, sudah melibatkan pemda,” ujar Menhub.

Belum Beroperasi

Dijelaskan, mereka telah berdiskusi agar pelabuhan yang sudah selesai namun belum beroperasi bisa secepatnya beroperasi. ”Jadi kita melakukan diskusi bagaimana pelabuhan-pelabuhan itu bisa digunakan sesegera mungkin,” jelas Menhub.

Dia menyebutkan, Irjen Kemenhub sudah ditugaskan sejak enam bulan lalu untuk turun langsung melihat permasalahan tersebut. ”Enam bulan lalu saya menugaskan Irjen untuk meneliti proyekproyek yang belum digunakan.

Nah, dari pengamatan kita ada 33 proyek yang belum digunakan baik mereka itu masih belum selesai atau yang sudah selesai,” kata Budi Karya. Sebelumnya, Irjen Kemenhub, Wahju Satrio Utomo mengakui memang telah memeriksa 33 pelabuhan KDP dan satu proyek perkapalan.

Kegiatan itu diakuinya merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menhub Budi Karya Sumadi. Menurut Wahyu, pemeriksaan pelabuhan KDP itu tersebar merata di seluruh Indonesia, khususnya di daerah- daerah terpencil.

Di antaranya Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Kepulauan Maluku, Nusa Tenggara Timur hingga Papua. Adapun hasil pemeriksaan, menurut Wahyu, dari 33 pelabuhan berstatus KDP itu tidak semuanya dalam kondisi terbengkalai atau mangkrak.

Ada sebagian yang sudah selesai namun belum dioperasikan. ”Jadi total yang sudah saya kunjungi ada 33 pelabuhan. Namun dari itu tidak seluruhnya dalam kondisi belum selesai, ada yang sudah selesai, tapi belum dioperasikan, masih diteliti kelayakannya,” tutur Wahyu di Jakarta, Jumat (27/4) lalu.(sb,dtc-55)