30 April 2018 | Fokus Jateng

Nelayan Mendapat Pelatihan Keselamatan Melaut

TEGAL  - Sebanyak 100 nelayan dari Tegal dan sekitarnya mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Basic Safety Training (BST) Khusus Awak Kapal dan Pekerja pada Kapal Layar Motor (KLM) dan Kapal Penangkap Ikan.

Kegiatan yang berlangsung 3 hari tersebut digelar di Gedung Yasintha ‘’SPBU MURI’’ Jl Raya Dampyak 134 Kramat, Tegal.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang tersebut pembukaan dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pembukaan dilaksanakan di Gedung Shangrila dengan mengenakan secara simbolis topi dan name tag kepada perwakilan nelayan, Minggu (29/4).

‘’Pelaksanaan diklat ini diselenggarakan Badan Pengembangan SDM Perhubungan melalui PIP Semarang tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis,’’kata Menhub. Ia menambahkan, penyelenggaraan Program Diklat ini bertujuan agar peserta mampu menguasai dasar-dasar keselamatan dalam melaut.

Hal itu antara lain dalam hal mencegah dan memadamkan kebakaran di KLM atau di kapal penangkap ikan, melakukan P3K, menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja serta tanggung jawab sosial termasuk kewaspadaan dalam mencegah pencemaran lingkungan.

‘’Kegiatan ini merupakan bagian dari Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang dapat diikuti masyarakat ekonomi kurang mampu secara gratis,’’ tambah Menhub.

Selain tim pengajar dari PIP Semarang, materi pendidikan dan pelatihan disampaikan oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Junaidi. Menurut Junaidi, sesuai ketentuan setiap orang yang bekerja di atas kapal harus punya identitas atau SID, termasuk nelayan ikan.

‘’Kaitannya dengan penyelenggaraan diklat ini adalah setelah lulus kegiatan dan mendapatkan sertifikat BST, para nelayan dapat mengajukan buku pelaut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Kami mendorong seluruh nelayan untuk memiliki dokumen legal,’’jelasnya. Dalam kesempatan ini, Menhub juga menyampaikan buku pelaut kepada perwakilan peserta DPM Tahun 2017 yang diselenggarakan di Juwana dengan 300 peserta.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Djoko Sasono, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut I Nyoman Sukayadnya dan Direktur PIP Semarang Capt Marihot Simanjuntak.(G2-59)