image

SM/Arie Widiarto - PENJUALAN MAZDA : Petugas bagian penjualan memberikan penjelasan kepada calon konsumen Mazda di gerai pajang di Jalan Mgr Soegiyopranoto, Semarang, Minggu (29/4). (55)

30 April 2018 | Ekonomi - Bisnis

Mazda Penetrasi Pasar Kelas Atas

SEMARANG  - PT Automobil Jaya Abadi sebagai dealer Mazda area Semarang dan sekitarnya akan terus melakukan penetrasi pasar di wilayah ini menyusul mulai membaiknya pasar otomotif. Tahun ini, penjualan mobil premium dengan segmen menengah atas tersebut ditargerkan terjual 35 unit per bulan.

”Berbeda dari tahun lalu di mana pasar mobil baik di tingkat nasional maupun wilayah cenderung stagnan, tahun ini daya beli mobil mulai membaik.

Maka kami optimistis target 35 unit per bulan bisa tercapai, seperti yang berhasil direalisasikan bulan lalu,” ungkap Supervisor PT Automobil Jaya Abadi, Bambang Pirngadi ditemui di showroom, Jalan Mgr Soegiyopranoto, Semarang, Minggu (29/4). Dia berpendapat, membaiknya daya beli itu tak terlepas dari mulai menggeliatnya ekonomi di Jateng.

Berbagai faktor pendorong lain adalah makin bertambahnya masyarakat kelas menengah atas di mana mereka membutuhkan kendaraan sesuai standar yang lebih tinggi. ”Seiring dengan hal tersebut, mereka juga ingin memiliki kendaraan yang tidak hanya fungsional, tetapi mempertimbangkan sisi keamanan dan kenyamanan,” jelasnya.

Futuristik

Menurut Bambang, salah satu karakter unik konsumen di Semarang maupun kota-kota besar lain di Tanah Air adalah lebih suka dengan mobil unik dan futuristik. ”Ini sinkron dengan sejumlah keluaran Mazda seperti tipe All New CX-3, CX-5 dan CX-9. Ketiga tipe ini mengusung desain futuristik, mewah, dan berteknologi canggih,” kata Bambang.

Dia menambahkan, selain Mazda 2 yang sangat diminati, jenis SUV CX-5 dan CX-9, paling laris menyumbang penjualan lebih dari 50%. ”Bahkan untuk CX-9 konsumen terpaksa inden sampai Juni. CX-9 merupakan SUV termewah di kelasnya. Mobil ini adalah crossover SUV tiga-baris Mazda dengan tujuh tempat duduk,” jelas Bambang.

Menurut dia, All-New Mazda CX-9 tak hanya makin inovatif, namun juga lebih efisien bahan bakar. Dari segi fitur, teknologi, dan kemewahan. ”CX-9 sekelas dengan mobil Eropa, namun untuk harga jauh lebih kompetitif,” katanya.(G2-55)