image

foto: suaramerdeka.com/Setyadi Dwi

30 April 2018 | 22:15 WIB | Pilkada Serentak

Deddy Mizwar Siap Berdayakan Padepokan Seni

BANDUNG, suaramerdeka.com- Cagub Deddy Mizwar menjanjikan dalam kepemimpinannya, padepokan seni yang ada di Jabar bakal didorong memiliki dampak ekonomi secara mandiri. Baik untuk pengelola mau pun pelaku seninya. Dalam pandangan pemilik nomor urut 4 itu, dengan memiliki dampak ekonomi yang signifikan, padepokan seni bisa hidup dan berkembang dengan sendirinya.

"Pintu masuknya adalah pariwisata. Harus dikembangkan padepokan itu sebagai salah satu destinasi wisata, apalagi kalau menjadi wadah pendidikan bagi generasi muda," katanya di Padepokan Pencak Silat Tradisional Maenpo Cikalong Cianjur, seperti dalam keterangan yang diterima, Senin (30/4).

Aktor kawakan itu mencontohkan Maenpo yang dinilai mempunyai keunikan yang kuat dibanding seni pencak silat lainnya. Hal ini, katanya, bisa dikembangkan dalam kerangka memberdayakan padepokan seni.

"Maenpo ini khas banget. Seperti tertuang dalam pesan guru yaitu jika silat hasilnya masih mencelakakan lawan, maka artinya yang bersangkutan harus belajar memperdalam lagi ilmu silatnya. Itu menunjukan dalam pertarungan di Menpo ini, mencelakakan lawan saja, sangat dihindari, luar biasa ini" papar Demiz.

Untuk itu, pihaknya melalui kebijakan sebagai pemerintah  bakal hadir guna menjaga kelestarian Maenpo. "Ya setidaknya  dengan memberi bantuan pembangunan padepokan yang representarif untuk tahap awal, selain nanti tentunya bisa saja memberi pelatihan manajemen kepariwisataan" papar Demiz.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN40 )

NEWS TERKINI