image

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong memberikan sambutan dalam jamuan makan ASEAN di Singapura, Jumat (27/4). (Foto: Reuters)

29 April 2018 | 13:36 WIB | Mancanegara

ISIS Masih Jadi Ancaman Serius di Asia Tenggara

SINGAPURA, suaramerdeka.com - Perdana Menteri Singapura mengatakan ISIS masih merupakan ancaman yang serius bagi ASEAN, walaupun kelompok militan itu sudah dikalahkan di Timur Tengah.

Dalam pidato pembukaannya di pertemuan puncak Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara/ ASEAN, Lee Hsien Loong mengatakan, “Asia Tenggara merupakan kawasan damai, tetapi ancaman ISIS 'sangat serius'.”

Dia memperingatkan bahwa perluasan teknologi kawasan ini juga membuatnya sangat rentan. “Kita perlu tangguh terhadap ancaman konvensional dan juga non-konvensional seperti terorisme dan serangan siber,” katanya.

Lee juga menyambut baik peredaan ketegangan antara kedua Korea. “Ini adalah satu langkah positif. Ini lebih baik daripada menembakkan misil atau menguji coba bom.”

Mengenai hal lain, Lee mengatakan pertemuan puncak itu sepakat mendorong Myanmar dan Bangladesh memulangkan pengungsi ke kampung halaman mereka “dengan selamat, aman dan bermartabat, tanpa penundaan yang tidak wajar.”

ASEAN adalah perhimpunan kawasan yang menggalakkan kerjasama ekonomi, politik dan keamanan di antara ke-10 anggotanya, yakni, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

(VOA /CN33 )

NEWS TERKINI