image
30 April 2018 | Koran Sekolah

Peningkatan Jumlah Seleksi SNMPTN SMA4 Semarang

Perjuangan kelas XII belum berakhir, walaupun sudah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Justru di sinilah mereka harus benar-benar belajar untuk melanjutkan ke universitas yang diinginkan.

Para siswa harus mengikuti beberapa tahap untuk melanjutkan ke universitas, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan juga Ujian Mandiri.

Jenis ujian ini dilakukan menggunakan pola ujian tertulis secara nasional untuk SBMPTN dan diselenggarakan oleh pihak PTN terkait Ujian Mandiri. Tahap inilah yang sulit, karena pesaing berasal dari berbagai kota dan provinsi.

Jika tidak ingin mengikuti ujian tersebut, ada lagi jalur lain yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jalur tersebut merupakan jalur undangan dengan kriteria seleksi penerimaan berdasar nilai rapor.

Nah! Untuk mendapatkan jalur undangan, harus dipersiapkan sejak kelas X. Namun, para siswa yang mendapatkan undangan juga akan diseleksi kembali oleh pihak PTN.

Pada 2018 ini, dari 50% siswa SMANegeri 4 Semarang yang mendapatkan undangan. Sebanyak 64 siswa SMANegeri 4 Semarang diterima di universitas melalui jalur SNMPTN.

Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sebagian besar siswa yang berhasil lolos jalur SNMPTN ini diterima di Universitas Diponegoro (Undip).

Tim
SMA 4 Semarang