image
30 April 2018 | Koran Sekolah

EKSIS

Melestarikan Budaya lewat HARI KARTINI

Hai Guys salam kebudayaan bagi semua! Kali ini cah Eksis mau bikin muatan tentang sahabat kita yang ada di SMA 2 Semarang nih. Kira-kira apa ya?

Aksi sahabat kita dari OSIS SMA2 Semarang kali ini adalah memperingati Hari Kartini nih Guys. Tahun ini, ada yang berbeda loh.

Nggak cuma satu hari aja, namun dilaksankan tiga hari berturut-turut (23-25).

Acara ini disebut dengan Pekan Kebudayaan Smanda. Seperti tahun sebelumnya, Hari Kartini adalah acara paling ditunggu.

Karena di sini ada pemilihan Mas dan Mbak Smanda, yang merupakan ikon Smanda dalam berbudaya. Mereka adalah putra-putri perwakilan kelas terbaik.

Tentunya nggak mudah untuk menjadi Mas dan Mbak Smanda. Karena sebelum masuk ke babak final yaitu retorika (23/4), calon Mas dan Mbak diseleksi berbagai tahap.

Selain pemilihan Mas dan Mbak Smanda pada 23 April, juga diadakan 1.000 penari Gambang Semarang yang dilakukan oleh seluruh warga Smanda dan dilanjutkan dengan lomba permainan tradisional Jawa seperti dakon, lompat tali, kelereng, engklek, dan egrang.

Coba bayangkan guys bagaimana keseruan bermain dengan menggunakan kebaya?

Seru bukan? Dan juga ada fashion show wanita profesi.

Ternnyata dengan acara ini, SMAN 2 Semarang tak luput kedatangan tamu dari Dinas Kebudayaan Provinsi dan juga masuk televisi. Lalu pada 24-25 April, dilanjutkan Pagelaran Sendratari Ramayana. Kali ini panitia dari kelas X.

Pagelaran ini dilakukan oleh seluruh kelas X di Smanda. Tak mau kalah dengan kelas X, kelas XI disediakan bazar untuk supprorting Pagelaran kelas X.

Itulah guys acara yang dilakukan oleh sahabat kita di SMA2 Semarang. Semoga dapat menginspirasi, karena melestarikan budaya itu penting ya guys...

Prisma Tia Ningrum
XI IPS 1
SMAN 2 Semarang