30 April 2018 | Suara Kedu

Penerapan Kecamatan sebagai Pusat Budaya Dipercepat

SLEMAN  - Pemerintah Kabupaten Sleman terus melakukan percepatan program kecamatan sebagai pusat pengembangan kebudayaan. Salah satu upayanya lewat Festival Kesenian dan Festival Teater Tradisional 2018 yang diadakan tanggal 21-23 April lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman, Aji Wulantara mengatakan, festival itu dimaksudkan sebagai ajang pembinaan, pelestarian, dan pengembangan kesenian.

Selain itu juga untuk memberikan ruang ekspresi terhadap penciptaan sebuah karya seni yang berkualitas. “Untuk festival kesenian diikuti oleh 17 kecamatan dengan menampilkan grup kesenian andalan masing-masing wilayah.

Sedangkan festival teater diikuti 9 grup,” kata Aji. Terpisah, Wakil Bupati Sri Muslimatun menilai, penyelenggaraan event ini akan memberikan pengaruh signifikan terhadap pelestarian seni budaya lokal di Sleman.

Dia berpesan kepada seluruh seniman dan pelaku seni selalu meningkatkan kualitas. Sehingga dapat menggugah kesadaran masyarakat, agar memiliki rasa handarbeni terhadap budayanya sendiri. Di sisi lain dengan karya yang bermutu dan bermakna, kegiatan ini akan menjadi event yang selalu dinanti oleh masyarakat. (J1-70)