30 April 2018 | Suara Kedu

1.000 Buruh Diajak Apel Bersama

  • Peringati Hari Buruh

WONOSOBO  - Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada Selasa, 1 Mei, sebanyak 1.000 buruh di Wonosobo akan apel bersama dengan pengusaha dan pejabat pemda, di halaman pendapa. Mereka juga akan mengikuti jalan santai bersama Bupati Eko Purnomo.

Jalan santai tersebut digelar keliling sejumlah jalur protokol kota seperti Jalan A Yani Jalan Tumenggung Jogonegoro dan kembali menuju ke halaman kawasan alun-alun.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian Wonosobo Agus Priyatno menyampaikan, peringatan Hari Buruh saatnya diperingati bersama termasuk pengusaha dan pemerintah daerah.

Hal ini dapat dijadikan momentum untuk mengingatkan pentingnya komitmen membangun hubungan industrial yang bermartabat, dan memupuk keharmonisan hubungan yang selama ini telah terjalin, maupun silaturahmi antara pekerja, pengusaha serta pemerintah (Tripartit).

Sekaligus sebagai ruang membangun dan mengembangkan hubungan dunia ketenagakerjaan, sesuai dengan norma-norma hukum yang berlaku.

Hubungan Industrial

Dia juga berharap, peringatan Hari Buruh mampu mempertahankan dan mengembangkan hubungan industrial, antara pekerja dan perusahaan (Bipartit) yang selama ini telah mengalami kemajuan dengan hubungan yang harmonis.

ìHari Buruh juga harus dicermati oleh stakeholder sebagai momentum untuk mengurai problematika serta gejolak ketenagakerjaan yang dihadapi selama ini dapat dihindarkan, agar kinerja ekonomi Wonosobo terus tumbuh, dunia usaha berkembang dan kesejahteraan pekerja meningkat,ì katanya.

Agus mengatakan, apel dengan 1.000 orang dalam Hari Buruh tersebut diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan Apindo, serikat pekerja, dan perusahaan-perusahaan yang ada di Wonosobo.

Menurut dia, selain apel bersama dan jalan sehat, beberapa hari ini para buruh juga menggelar futsal bersama kapolres dengan berbagai hal positif seperti jalan santai, donor darah serta pembagian doorprize. (H67-41)