image

SM/Ryan Rachman - PERAGA RUSAK : Peraga kampanye Pilgub Jateng di kawasan Stadion Goentoer Darjono Purbalingga roboh beberapa waktu lalu. Perawatan peraga kampanye jadi tanggung jawab tim sukses. (72)

30 April 2018 | Suara Banyumas

Banyak Alat Peraga Kampanye Rusak

PURBALINGGA  - Alat peraga kampanye (APK) Pilgub Jateng di sejumlah titik mengalami kerusakan. Padahal, peraga tersebut belum lama dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Pemasangan alat peraga ada yang tidak sesui ketentuan, sedangkan perlengkapannya juga tidak sesuai spek,"ù kata Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga Divisi Organisasi dan SDM, Joko Prabowo, kemarin.

Beberapa titik yang mengalami kerusakan atau roboh, diantaranya ada di kawasan Stadion Goentoer Darjono. Dua spanduk calon gubernur (cagub) sudah roboh.

Selain itu, ada di beberapa tempat lain yang mengalami kondisi serupa, terutama di desa-desa. "Kalau sesuai ketentuan, setiap satu spanduk ada dua tiang penyangga, sedangkan ini tidak seperti itu.

Selain itu, bambu yang digunakan untuk tiang juga ukurannya terlalu kecil,"ù ujarnya. Selain rusak, pemasangan disejumlah tempat juga dinilai tidak sesuai ketentuan. Misalnya, dipasang di kantor pemerintahan dan di tempat ibadah.

Mengenai temuan tersebut, Panwas sudah merekomendasikan kepada KPU untuk dilakukan perbaikan. "Kami temukan ada yang dipasang di tembok tempat ibadah, meskipun itu di tembok kelilingnya, tapi itu masuk kawasan tempat ibadah.

Ada yang di tembok kelurahan, ada juga yang di pasar," tuturnya. Joko menjelaskan, untuk satu spanduk, jika sesuai prosedur, ada dua tiang penyangga. Spanduk tidak boleh dipasang dengan cara diikat di pohon atau tembok.

Komisioner KPU Kabupaten Purbalingga Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Sukhedi mengatakan, pemasangan alat peraga kampanye pilgub memang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Sejumlah alat peraga yang tidak sesuai dengan prosedur pemasangan langsung ditangani. "Namun untuk alat peraga yang sudah terpasang, perawatannya menjadi tanggung jawab tim sukses cagub tersebut," terangnya.(H82-72)