image

SM/Nugroho Pandhu Sukmono - TANAM POHON : Ketua Dewan Pengurus Daerah Perpamsi Jawa Tengah, Samino dan Bupati Tasdi menanam pohon pinus secara simbolik di objek wisata Goa Lawa, Sabtu (28/4). (72)

30 April 2018 | Suara Banyumas

15.000 Pohon Ditanam di Objek Wisata Goa Lawa

PURBALINGGA  - Sebanyak 15.000 bibit pohon ditanam di sekitar objek wisata Goa Lawa, Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Sabtu (28/4). Sebab, objek wisata tersebut merupakan daerah resapan yang menjamin ketersediaan air .

Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Jawa Tengah, Samino mengatakan, penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia ke-26 tahun 2018 ini merupakan upaya melestarikan alam dan menyediakan ketersediaan air secara berkelanjutan.

Kepedulian PDAM se-Jawa Tengah ini menjadi perangsang bagi masyarakat untuk ikut menanam pohon.

“Ini baru sebagian dari yang bisa kita lakukan bersama-sama. Kita semua bisa berbuat sendiri-sendiri di rumah dan pekaranganya dengan menanam pohon,” katanya, sebelum penanaman pohon bersama di kompleks wisata Goa Lawa Purbalingga.

Selain menanam pohon, cara untuk menjaga ketersediaan air bisa dengan dilakukan dengan jalan membuat sumur resapan. Sumur ini dapat menyimpan air hujan, agar kelak dapat dimanfaatkan untuk konsumsi air bersih.

Tanaman Keras

Pohon yang ditanam adalah jenis tanaman keras. Mulai dari pohon sengon, pinus, manggis, durian, alpukat, dan lainnya. Penanaman dilakukan pula di wilayah sumber mata air desa penyangga objek wisata Goa Lawa seperti Siwarak, Karangreja, Gondang, Kutabawa, Tlahab hingga Serang.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan, objek wisata Goa Lawa saat ini sedang direnovasi, sehingga ditutup selama beberapa pekan. Beberapa wahana dan fasilitas akan mempercantik kawasan tersebut.

“Pohon yang ditanam ini akan menambah daya tarik wisatawan karena suasana semakin sejuk dan segar,” kata dia. Peringatan Hari Air Sedunia dengan menanam 15.000 pohon selaras dengan UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Selain itu juga selaras dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2016 tentang Pelestarian Lingkungan Hidup. Sebelum penanaman pohon bersama, dilakukan penyerahan bantuan 15.000 pohon secara simbolis dari ketua Perpamsi kepada Bupati Purbalingga.

Bantuan tersebut selanjutnya diberikan kepada pengelola Goa Lawa, gerakan Pramuka, serta sejumlah desa di wilayah Kecamatan Karangreja. (K35-72)