image

SM/Dasi Kampus/Ali Maksum : LOKASI FAVORIT : Penjual nasi kucing, Muhfid tengah menunggui dagangannya. Ia menghiasi tempat berdagangnya dari bahan bekas yang didaur ulang. (65)

18 April 2018 | Hello Kampus

SUDUT KAMPUS

Gerobak Plus-Plus Punya Muhfid

Haloha, Mitra Upgris! Ada yang tahu tempat tongkrongan favorit sekitar area UPGRIS?. Di pojok sebelah barat Gedung Utama Kampus 1, ada sebuah gerobak. Berwarna biru, bertenda biru mencolok perhatian setiap orang yang melewatinya. Lampu neon warna putih membuat setiap mata menengok untuk sepintas melihatnya. Setiap malam, gerobak itu dipenuhi mahasiswa. Minggu malam pun ramai.

Mereka menyebutnya ”Muhfid and Friends”. Yap, nama itu merujuk pada pemiliknya. Muhfid berperawakan sedang, usia 40-an tahun. Dia asli Wonosobo. Muhfid memulai usahanya sejak tahun 2000. Di gerobaknya, Muhfid menyediakan berbagai aneka minuman, rokok, nasi kucing, dan gorengan. Oh ya Mitra Kampus, ternyata mahasiswa yang sering nongkrong di ”Muhfid and Friends” bukan UPGRIS saja. Ada yang dari Udinus dan Undip Peleburan. Perlu diingat ya, jam bukanya pukul 17.00 hingga dini hari. Tenang saja, di tempat tongkrongan itu tidak ada tarif parkir dan buka setiap hari. Menurut seorang mahasiswa pelanggan, selain harganya sesuai kantong mahasiswa, juga lantaran tempatnya strategis. Kalau Mitra UPGRIS lebih jeli saat mengamati gerobaknya, ada yang tak biasa dari deretan barang dagangannya: hiasan buatan tangan dari barang bekas yang tak terpakai. Sampah-sampah yang tak terpakai dia sulap menjadi berbagai barang kerajinan yang penuh dengan daya kreatif.

Berkat kreativasnya, Muhfid pernah masuk media cetak Barometer pada 2013, menjadi pemateri pelatihan pengolahan barang bekas di Posko KKN UPGRIS di Mijen, Gunung Pati 2018, dan mendapat penghargaan pada acara Festival Drama Teater Tingkat Jateng 2017. Nah, Kamu yang penasaran dengan karya-karya estetika Muhfid, datang saja ke ”Muhfid and Friends” ya. Jangan lupa beli jajanannya.(65)

Afryda, Dicky, Fafa, Melly