image

Foto:SM/dok

15 April 2018 | Rileks

Oleh Sofie Dwi Rifayani

Sinetron Masih Jadi Andalan

Pesona sinetron tak lekang oleh waktu. Bahkan, 28 tahun setelah televisi swasta nasional mengudara, sinetron masih menjadi salah satu program terfavorit.

Sinetron dinilai manjur mendulang penonton. Tak heran, antarstasiun televisi bersaing ketat menampilkan sinetron drama andalannya. Akhir tahun lalu, misalnya RCTI dan SCTV saling hadang memperebutkan puncak tertinggi rating acara.

RCTI lewat sinetron drama Dunia Terbalik, Cahaya Hati, dan Tukang Ojek Pengkolan berulang-ulang menjadi jawara. Sementara Anak Langit serta Siapa Takut Jatuh Cinta yang tayang di SCTV  juga kerap berada di posisi yang sama.

Adapun stasiun televisi lain tak kalah membuat gebrakan. Salah satu sinetron di ANTV, Jodoh Wasiat Bapak, dalam beberapa kesempatan menduduki peringkat atas.

Bagaimana dengan perolehan sinetron di masa sebelumnya? Satu dasawarsa silam, SCTV merajai peringkat rating berkat sinetron Cinta Fitri. Kisah drama yang mempertemukan Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu itu tayang empat tahun, dengan total 1.002 episode dalam tujuh musim.

Selain memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Panasonic Gobel Awards 2009 dan 2010 untuk kategori Drama Seri Terbaik, Cinta Fitri punya penggemar spesial.

Adalah presiden ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie dan sang istri, Ainun Habibie, yang tak malu-malu menunjukkan bahwa mereka kepincut sinetron bikinan MD Entertainment itu.

Dalam beberapa kesempatan, Habibie mengundang para pemeran Cinta Fitri untuk makan bersama. Selain Cinta Fitri, yang tak kalah digemari adalah Tukang Bubur Naik Haji The Series (TBNH). Sinetron yang tayang di RCTI ini tamat pada 7 Februari 2017 atau lima tahun setelah tayang perdana per 28 Mei 2012.

Punya Penggemar Setia

Masih di RCTI, sinetron laris lainnya adalah Anak Jalanan. Dibintangi Stefan William dan Natasha Wilona, sinetron ini menduduki rating nomor satu dan sulit digeser.

Kisah percintaan Boy dan Reva itu baru ”mengalah” dari puncak tertinggi rating setelah digeser sinetron Anugrah Cinta, yang juga tayang di RCTI. Di masa lampau, tercatat ada beberapa sinetron yang punya banyak penggemar.

Bahkan hingga kini, kejayaan sinetron tersebut masih kerap diperbincangkan. Sebutlah tayangan Keluarga Cemara, Si Doel Anak Sekolahan, atau Kiamat Sudah Dekat. Sinetron berkualitas bisa menjadi sarana hiburan.

Namun, jalan cerita yang kadang tak masuk akal dan minimnya edukasi bagi penonton membuat kebanyakan sinetron tak layak tonton. Sudah sepantasnya stasiun televisi berbenah. Sebagai pemegang frekuensi publik, mereka harus andil memberi tayangan mendidik, bukan sekadar mengejar ranking.(58)

 

Sinetron 2018denganRating Tinggi
?Anak Langit — SCTV
?Siapa Takut Jatuh Cinta — SCTV
?Dunia Terbalik — RCTI
?Jodoh Wasiat Bapak — ANTV
? Tukang Ojek Pengkolan — RCTI