image

SM/M Noor Efendi - PEMBETONAN TUNTAS : Warga Dukuh Selowire, Desa Godo, Kecamatan Winong melintasi jalan yang baru saja selesai dibeton melalui program TMMD Reguler ke-101, baru-baru ini. (48)

30 April 2018 | Suara Muria

Pembetonan Jalan Kampung Pelosok Rampung Lebih Cepat

PATI  - Pembetonan jalan menuju kampung pelosok di Dukuh Selowire, Desa Godo, Kecamatan Winong rampung lebih cepat.

Perbaikan jalan utama Selowire menuju pusat Desa Godo sepanjang 1,7 kilometer itu tuntas dikerjakan sepekan sebelum batas waktu yang ditentukan. "Pada 27 April pembetonan sudah selesai, ini catatan positif. Untuk sasaran fisik lain juga sudah hampir 100 persen rampung.

Jadi, kini tinggal menyempurnakan dan mempersiapkan untuk acara penutupan TMMD," ujar Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 Kodim Pati Letkol Arm Arief Darmawan, Sabtu (28/4).

Dia mengapresiasi capaian tersebut. Pria yang juga komandan Kodim (Dandim) Pati ini mengaku, prestasi itu tidak terlepas dari kerja keras dalam bergotong royong Satgas TMMD dengan masyarakat.

TMMD yang dipusatkan di Desa Godo berlangsung pada 4 April hingga 3 Mei. Dilihat dari rentang waktu tersebut, pengecoran jalan tuntas enam hari lebih cepat dari waktu akhir TMMD.

Semangat Tinggi

Lebih lanjut dia menjelaskan, semangat tinggi dengan penuh keikhlasan menjadi kunci utama Satgas TMMD bekerja lebih efektif dan maksimal. Hal itu didukung kerelaan warga setempat yang secara bergiliran ikut membantu pengecoran jalan sepanjang 1,7 kilometer dengan lebar 2,5 meter dan tebal 12 sentimeter itu.

"Ini bukti kemanunggalan TNI dan rakyat dalam membangun daerah," tandasnya. Kepala Desa Godo Suwondo mengaku bahagia dengan tuntasnya pengecoran jalan tersebut.

Warganya, terutama yang bermukim di wilayah pelosok Selowire dapat segera menikmati manfaat dari infrastruktur itu. Jalan itu sebelumnya dalam kondisi tidak layak lantaran tidak beraspal dan hanya berupa tanah bercampur bebatuan. Jika hujan, warga Selowire kesulitan melintasi untuk menuju pusat desa.

Pusat Desa Godo dengan Dukuh Selowire berjarak sekitar tujuh kilometer. Hanya sebagian saja yang dalam kondisi layak dilewati. Kades mengatakan, pihaknya bakal melanjutkan pembangunan jalan yang telah dikerjakan aparat TNI melalui TMMD.

"Masih ada sekitar 1.500 meter lagi yang harus diperbaiki untuk menuntaskan perbaikan jalan penghubung Godo-Selowire. Jalan sepanjang itu aspalnya rusak parah sehingga perlu diperbaiki lagi. Kami sudah alokasikan dana desa untuk itu," jelasnya.(H49-48)