image
15 April 2018 | Kabar Gadget

Huawei Nova 2i, ANDROID EMPAT KAMERA

Kamera ganda menjadi salah satu tren di industri smartphone tahun ini, karena bisa menghasilkan foto bokeh yang bagus. Foto bokeh ini biasa didapatkan di kamera digital DLSR, yaitu berupa obyek utama yang tajam dengan latar belakang yang blur. Foto bokeh ini membuat objek utama seolah-olah tampil lebih menonjol dan lebih mendominasi bingkai foto.

Selain lebih mudah mendapatkan foto bokeh, kelebihan lain dari dual kamera adalah lebih bagus di kondisi kurang cahaya (low light), bisa zoom detil, efek 3D serta mendukung Virtual Reality. Pada awalnya, kamera ganda akan bisa ditemukan pada smartphonepremium.

Namun, belakangan, kamera ganda juga bisa ditemukan pada kelas menengah. Huawei Nova 2i ini malah dibekali 4 kamera. Mengikuti tren terkini, layar Nova 2i mengadopsi fullview display dengan rasio 18:9. Layar IPS 5,9 inci beresolusi 2.160 x 1.080 piksel itu sedap dipandang mata.

Kendati berlayar besar, jangan membayangkan ponsel tersebut berbodi bongsor. Dimensi fisiknya 156,2 x 75,2 x 7,5 milimeter dan berat 164 gram atau setara dengan kebanyakan ponsel berlayar 5,5 inci, sehingga tidak sulit untuk digenggam dengan satu tangan.

Huawei menyebutkan, dengan layar yang lebih besar, pengguna akan lebih leluasa ketika memanfaatkan fitur multitasking. Semakin besar layar, menggunakan dua aplikasi sekaligus menjadi semakin nyaman. Layar lengkung 2.5D berlapis Gorilla Glass, dan tak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Bagian depan Nova 2i ini didominasi layar, hanya ada sedikit sisa ruang di atas layar untuk dua kamera selfie. Adapun 2 kamera lain ada di belakang dengan posisi vertikal dengan desain menonjol. Konektor audio 3,5 milimeter, konektor micro USB, dan speakerterdapat di sisi bawah ponsel.

Tombol volume dan power ditempatkan di sisi kanan. Sementara itu, di bagian kiri pengguna akan menjumpai slot kartu hybrid. Pengguna dipersilakan memilih akan memasangkan dua nano SIM atau satu nano SIM plus satu kartu microSD.

Anggaplah pengguna memutuskan menyelipkan sepasang nano SIM. Dua nomor itu dapat siaga bersamaan. Tak peduli berada di selot mana, nomor yang dipakai berinternet bebas berpindah-pindah ke jaringan 4G LTE, 3G, dan 2G.

Sedangkan satu nomor lainnya harus rela terkungkung di jaringan 2G. Layar IPS Nova 2i beresolusi Full HD bisa menampilkan warna yang hangat dan tidak pucat, dan mampu menampilkan warna hitam pekat. Layar tetap jelas dilihat dari samping dan di bawah sinar matahari.

Kehangatan warna di layar (color temperature) bisa diatur mulai dari warm, cold atau manual, pilih saja agar enak di mata. Sementara fingerprint sensor ada di sisi belakang. Tombol navigasi menyatu dengan layar. Posisinya di bagian bawah. Susunan tombol navigasi bebas diatur sesuai selera.

Software & AntarMuka

Huawei Nova 2i sudah berbasis Android 7.0 Nougat yang dilapisi dengan antarmuka buatan Huawei, EMUI versi 5.1. Salah satu kelebihan Android 7.0 Nougat adalah fitur native multitasking. Itu artinya, semua smartphone dengan Android 7.0 ke atas sudah bisa membuka dua aplikasi sekaligus.

Huawei juga melengkapi Nova 2i dengan fitur Floating Dock, Dock yang jika diaktifkan akan memunculkan menu berbentuk setengah lingkaran Back, Home, Recent Task, Screen Lock dan Optimisation. Sesuai namanya, Floating Dock ini bisa dipindah-pindahkan dengan mudah ke segala arah.

Nova 2i juga memiliki fitur yang disebut Twin App. Fitur ini memiliki fungsi serupa seperti fitur cloning. Dengan fitur ini, Anda bisa mengaktifkan dua akun media sosial seperti Facebook serta aplikasi chatting seperti Messenger dan WhatsApp. Hanya saja, fitur ini terbatas untuk akun media sosial dan chatting.

Bagi yang punya dua akun Facebook dan Facebook Messenger, bisa memanfaatkan fitur App Twin sehingga dua akun tersebut bisa login secara bersamaan. Huawei juga melengkapi Nova 2i dengan fitur Health untuk mengatur target olahraga.

Aplikasi Health akan menghitung jarak, kecepatan dan juga kalori yang dibakar. Tak ada tombol navigasi fisik, dan digantikan tombol virtual di sisi bawah layar. Ada tombol Recent Task, Back, dan Home, ditambah tombol notifikasi, susunannya bisa diubah dari kiri ke kanan sesuai selera.

Fingerpint tak hanya berfungsi sebagai pengaman dan pembuka layar. Selain itu juga bisa untuk mengambil foto (sebagai tombol shutter), menjawab telepon masuk, menghentikan alarm. Fingerprint juga bisa dipakai untuk melihat notifikasi serta menjelajah hasil foto-foto.

Fitur Smart Assistance lebih banyak lagi fungsinya, seperti mengontrol hape lewat gerakan tangan, mode satu tangan, perintah suara, mode sarung tangan, power on off terjadwal, dan MirrorShare. Jagoan utama Huawei Nova 2i adalah menu kamera mudah dipakai dan sangat lengkap.

Huawei melengkapi Nova 2i dengan dua kamera belakang dan dua kamera depan. Fungsi kamera kedua ini adalah untuk menampilkan efek bokeh atau latar belakang yang mengabur dengan mode portrait. Kamera Belakang dengan fokus otomatis dan lampu kilat di sisi belakang Nova 2i berlensa ganda.

Dua lensa kamera belakang Nova 2i memiliki resolusi 16MP dan 2MP dengan aperture f/2.0. Huawei Kamera dengan resolusi lebih besar bertugas menangkap objek pemotretan. Sedangkan kamera beresolusi lebih kecil berfungsi mengukur kedalaman lalu menghasilkan efek bokeh.

Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera itu sanggup memproduksi klip video full HD 1080p. Kamera Nova 2i juga dilengkapi mode pro photo, video, pro video, HDR, night shot, light painting, dan sederet mode lain.

Di mode pro photo, pengguna bebas mengatur aneka parameter pemotretan. Contohnya, ISO mulai 50-3200, kecepatan rana 1/4.000 sampai delapan detik, kompensasi pencahayaan, metering, dan white balance. Nova 2i juga memiliki kamera ganda di bagian depan.

Kamera depan memiliki resolusi 13MP dan 2MP dengan aperture f/2.2. Huawei Kamera itu dibekali lampu kilat untuk menambah pencahayaan kala pengguna berswafoto alias selfie di lokasi yang kurang terang.

Tersedia mode portrait yang siap dioptimalkan pengguna. Kamera itu sanggup pula menghasilkan klip video full HD 1080p. Huawei juga sudah melengkapi Kamera Depan Nova 2i dengan efek layaknya stiker.

Satu hal yang harus diingat, foto yang dihasilkan ketika Anda menggunakan stiker akan memiliki resolusi jauh lebih rendah dari foto biasa. Performa Umum Huawei merupakan salah satu vendor smartphoneyang membuat prosesornya sendiri. Pada Nova 2i, Huawei juga menyematkan prosesor buatannya sendiri, yaitu Kirin 659.

Prosesor ini memiliki 8 core yang terdiri dari 4 Cortex-A53 dengan kecepatan 2.36GHz dan 4 Cortex-A53 dengan kecepatan 1,7GHz. Memakai prosesor buatan Huawei sendiri, kinerjanya memang bisa diandalkan. Wi-Fi, bluetooth, GPS, kompas, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Nova 2i.

Dengan spesifikasi tersebut, Nova 2i sudah lebih dari cukup untuk melaksanakan tugas sehari-hari seperti menjelajah internet dan membuka media sosial. Nova 2i juga sudah cukup baik untuk digunakan bermain game seperti Asphalt 8: Airborne.

Ketika diuji dengan benchmark atau pengujian sintetis sekalipun, nilai yang didapatkan oleh Nova 2i tidak kalah jika dibandingkan dengan para pesaingnya, Adapun skor AnTuTu Benchmark v6.2.7 adalah 63354.

Nova 2i mendapatkan sumber daya dari baterai Li-Po tanam berkapasitas 3340 mAh, Nova 2i ini bisa bertahan seharian dengan penggunaan normal. Menurut hasil pengujian dengan PCMark, Nova 2i bisa bertahan lebih dari 8 jam.(63)