image
22 April 2018 | Kabar Gadget

SINAR MAS SELLULER

Sama-sama Punya AI, apa beda Oppo F7 dan F5?

  • Andre Hendrawan

Oppo F7 memang meneruskan kiprah teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mengolah jepretan kamera sebagaimana dipelopori oleh pendahulunya, Oppo F5. Pada Oppo F5 dulu, AI hanya bekerja di kamera depan, tidak ada di kamera belakang. Oppo F7 mampu menerapkan AI di kedua kamera. Kendati sama-sama mengusung AI, Oppo F7 diklaim lebih ìpintarî dari F5, karena kecerdasan buatan pada Oppo F7 merupakan pengembangan dari teknologi serupa di produk sebelumnya.

Kemampuan AI milik F7 untuk mengenali obyek foto lewat tangkapan kamera belakang. Pengenalan obyek yang disebut sebagai AI Scene Recognition ini digunakan untuk mengoptimalkan hasil jepretan lewat penyesuaian setting kamera, dengan 16 preset di memori. Teknologi AI Beauty untuk mempercantik jepretan selfie di F7 pun dipercanggih, dan kini turut dibekali sejumlah fitur ekstra, seperti high- Sama-sama Punya AI, apa beda Oppo F7 dan F5? dynamic range (HDR), super vivid mode, dan depth effect (bokeh) Semua efek tambahan tersebut bisa diaktifkan secara berbarengan dengan AI Beauty.

Mengapa Oppo F7 tidak memakai kamera ganda seperti trend saat ini?

Oppo sebelumnya pernah memasarkan F3 dan F3 Plus yang dibekali kamera depan ganda. Oppo mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk melakukan hal serupa di F7, dengan satu kamera saja. Satu kamera dengan teknologi AI ini sudah bisa menghasilkan efek bokeh. F7 sendiri dilengkapi teknologi AI generasi kedua dari Oppo, setelah sebelumnya menyematkannya di F5.

Kecerdasan buatan di Oppo F7 kini lebih pintar dan mampu membedakan setting fotografi antara subyek foto (manusia) dan latar belakang. Warna-warna dalam frame pun bisa tampil lebih cerah dalam Super Vivid Mode yang baru, sementara skintone (warna kulit) tetap tampil natural, tanpa saturasi berlebihan. Di kamera belakang, AI digunakan untuk scene recognition alias mengenali jenis obyek secara otomatis, lalu melakukan menyesuaian setting seperti white balance dan ISO untuk mengoptimalkan hasil sesuai dengan objek.(63)