30 April 2018 | Edukasia

PEM-Akamigas Rangkul PWI

BLORA  - Selain mendatangkan sejumah ahli migas dari perusahaan nasional/multinasional, Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) Politeknik Energi dan Mineral (PEM-Akamigas) Cepu, Blora, bakal membekali mahasiswanya dengan pengetahuan jurnalistik.

Untuk keperluan itu, dihadirkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat yang juga pejabat Dewan Pers, Hendry CH Bangun dan Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS serta pengurus PWI Kabupaten Blora.

”Kami memberikan apresiasi positif upaya peningkatan kerja sama PEM Akamigas, termasuk dengan media,” tandas Sekjen PWI Pusat Hendry CH Bangun, Sabtu (28/4).

Menurutnya, pertemuan pejabat PEM-Akamigas dengan pengurus PWI di gedung rektorat jalan Gajah Mada 36 Cepu itu merupakan satu bentuk sinergitas yang perlu terus ditindaklanjuti.

Hendry memberikan apresiasi positif rencana pimpinan PEMAkamigas untuk membekali mahasiswanya dengan ilmu jurnalistik dan pemahaman Undang-Undang (UU) 40/1999 tentang Pers. ”Ini rencana bagus. Tentu Dewan Pers dan PWI mengapresiasi positif, nanti PWI Jateng yang dekat Cepu bisa berperan di sini,” kata Hendry.

Promosi

Ketua PWI Provinsi Jateng Amir Machmud NS juga menyambut positif rencana itu. Adapun bentuk kerja sama itu bisa sekolah jurnalistik, pendidikan dan pelatihan (diklat) jurnalisitik atau lainnya. ”Sudah ada delapan perguruan tinggi MoU dengan PWI Jateng dalam program sekolah jurnalistik.

Untuk PEM-Akamigas, bisa bentuk lain sebagai supleman prodi,” tandasnya. Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Ketua PEM-Akamigas Roni Heru Triyanto, Kepala Sub- Bagian Administrasi Kemahasiswaan dan Alumini serta sejumlah staf humas.

Seperti PTK lain di Indonesia, kini mahasiswa PEM juga dibekali disiplin dan pembinaan fisik sejumlah perwira terpilih dari Marinir TNI AL untuk membentuk karakter.

Selain itu, juga dibutuhkan kerja sama dengan media massa, khususnya PWI, untuk mempromosikan PEM-Akamigas agar makin dikenal luas.

”Mahasiswa perlu dibekali ilmu jurnalisitk, nanti akan kami susun bentuk kerja samanya dalam MoU,” tambah Roni Heru Triyanto.(H41- 49)