30 April 2018 | Suara Pantura

Nelayan Dapat Bantuan 10 Kapal

KAJEN-Untuk meningkatkan hasil tangkapan dan pendapatan nelayan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan 10 kapal berukuran 5 gross ton (GT).

Bantuan langsung diserahkan kepada koperasi nelayan setempat oleh Bupati Asip Kholbihi, Sabtu (28/4).

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Sirhan, bantuan kapal untuk nelayan di Kota Santri tersebut, diterimakan kepada Koperasi Nelayan Produksi Jaya Mandiri I dan Koperasi Nelayan Produksi Jaya Mandiri II, masing-masing dengan jumlah sama sebanyak lima unit. ”Penyerahan kapal bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja nelayan, meningkatkan produksi hasil tangkapan, dan pendapatan nelayan di Pelabuhan Pantai Wonokerto,” katanya.

Bupati Asip Kholbihi pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa sebelum ini nelayan juga mendapatkan bantuan tiga unit kapal. Tahun depan, diharapkan mendapatkan lagi bantuan serupa dengan jumlah yang lebih banyak.

Terkait bantuan tersebut, Bupati mengharapkan nelayan agar memiliki semangat tinggi dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. ”Kapal ini harus dimanfaatkan secara baik, kalau tidak ada manfaatnya akan diberikan kepada nelayan lain yang lebih membutuhkan. Karena tujuan dari pemberian bantuan ini adalah untuk meningkat kesejahteraan,” ujar Asip.

Disebutkan, kapal diperbantukan melalui koperasi, dan diharapkan dapat diatur penggunaannya secara baik. Begitu pula anggota yang ada di koperasi itu diminta dapat memanfaatkan bantuan semaksimal mungkin.(H52-69)