27 April 2018 | Selebrita

Kisah Masa Remaja Ahok

JAKARTA- Sosok kontroversial Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bakal diangkat ke layar lebar. Selain Maia, film Anak Hoki ini dibintangi oleh Kenny Austin yang akan memerankan Ahok remaja, Nadine Waworuntu, Lolox, Chris Laurent, Tina Toon, Fero Walandouw dan adik kandung Ahok, Harry Tjahaja Purnama. Harry tidak hanya ikut bermain, tetapi juga bertindak selaku produser.

Film yang disutradarai oleh Ginanti Rona ini akan menceritakan kisah kehidupan Ahok semasa remaja dan cerita persahabatannya. Film produksi Le Moesiek Revole ini tidak mengisahkan tentang perjalanan politik Ahok melainkan kisah tentang seorang anak pengusaha kaya asal Belitung yang diharuskan meninggalkan kampung halamannya untuk melanjutkan studi di Jakarta.

Bukan hanya berkenalan dengan teman baru dan suasana di kota besar, anak ini akan menghadapi dilema moral ketika melihat bahwa realita berbanding terbalik dengan apa yang ada dalam impian seorang Ahok.

Tidak Sulit

Maia Estianti, yang mengenal sosok Ahok sangat dekat, mengaku langsung menerima tawaran bermain dalam film ini. Ia bahkan juga mengisi soundtrack lewat lagu ”Rindu Kamu” ciptaannya. Kalau Maia mengenal sosok Ahok sangat dekat, tidak begitu dengan Kenny Austin yang memerankan Ahok muda. Kenny mengaku belum pernah bertemu langsung dengan Ahok. Untuk mendalami karakter diperoleh dari video-video dari YouTube.

”Terus terang, saya belum pernah bertemu langsung dengan pak Ahok. Tetapi tidak sulit mengenali sosoknya, karena bisa diperoleh dari video di YouTube,” ungkap Kenny, yang berharap perannya sebagai Ahok dapat diterima masyarakat.

Harry Tjahaya Purnama yang juga adik kandung Ahok mengakui, sejak awal ia tidak pernah berkonsultasi dengan abangnya tersebut. Ia khawatir bila sebelumnya berkonsultasi akan dilarang. ”Pak Ahok awalnya tidak tahu bahwa film ini akan dibuat. Tapi sekarang dia sudah tahu kalau ada film ini,” kata dia.

Menurutnya ini bukan biografi, tetapi film fiksi yang terinspirasi perjalanan seorang Ahok. Kalau dibuat biasa saja, dikhawatirkan tidak menarik. ”Jadi harus ada dramatisasi, bumbu bumbu dan sebagainya supaya jadi menghibur,” tutur Harry. Film Anak Hoki yang telah rampung masa syutingnya ini rencananya akan dirilis akhir tahun 2018 mendatang. Harry berharap film ini dapat diterima masyarakat.(tn-63)