image

SM/Muhammad Syukron

08 April 2018 | Jalan-jalan

Eksotisme Gua Pancur

  • Oleh Muhammad Syukron

KABUPATENPati merupakan salah satu dari 35 daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah bagian timur yang berada di antara 1100, 50í-1110, 15í bujur timur dan 60, 25í-70,00í lintang selatan.

Di utara berbatasan dengan Kabupaten Jepara dan Laut Jawa. Di barat berbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Jepara. Di selatan berbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Blora, sedangkan di timur berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Laut Jawa.

Di bidang pariwisata, Pati memiliki berbagai potensi objek wisata unggulan yang telah dibagi dalam empat perwilayahan destinasi pariwisata daerah (DPD), dan salah satunya adalah kawasan Gua Pancur yang masuk DPD II. Kawasan wisata Gua Pancur berada di kaki Pegunungan Kendeng Utara sebelah sisi baratlaut.

Pemandangan Pegunungan Kendeng Utara memberi sensasi tersendiri di kawasan itu. Apalagi bila dikaitkan dengan Gua Pancur yang mempunyai panjang 827 meter dengan stalaktit dan stalakmit masih aktif yang indah dan eksotis. Gua itu berpermukaan landai atau datar, sehingga pengunjung tak kerepotan saat menyusuri gua. Ornamen gua menarik dan alami.

Bebatuannya pun beragam serta unik, sehingga mengundang decak kagum wisatawan. Di depan mulut gua tersaji danau dengan air berasal dari aliran di dalam Gua Pancur. Danau itu tak pernah kering, meski kemarau panjang sekalipun. Debit air yang mengalir dari dalam gua sekitar 40 liter per detik. Gua Pancur memang indah dan eksotis.(44)