image

Foto: Istimewa

29 April 2018 | 15:50 WIB | Parlemen Zaman Now

DPR Minta Transportasi Daring Jamin Keamanan Penggunanya

JAKARTA, suaramerdeka.com- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi, baik atau taksi maupun ojek daring agar memberi jaminan keamanan terhadap para penggunanya.

“Perusahaan harus jamin keamanan bagi pengguna. Jadi harus ada upaya mencegah pengemudi taksi online agar tidak berbuat kriminal terhadap masyarakat pengguna jasa,” kata  Bambang dalam keterangan persnya, yang diterima Sabtu pagi.

Dia menyampaikan hal ini untuk merespon aksi penyekapan dan perampokan yang dilakukan seorang sopir taksi online terhadap perempuan 24 tahun di kawasan Jakarta Barat belum lama ini. 

Pria yang akrab dipanggil Bamsoet tersebut meminta Polri membentuk tim khusus guna melakukan pengawasan secara intensif terhadap para pengemudi transportasi berbasis aplikasi. Hal ini karena sudah banyak informasi tentang perilaku pengemudi transportasi berbasis aplikasi yang merugikan dan meresahkan masyarakat. 

Selain itu, dia juga mendorong Komisi V DPR memanggil Kementerian Perhubungan (Kemenhub), perusahaan transportasi online dan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) untuk secara bersama mengkaji serta menjelaskan kasus-kasus kriminalitas yang terjadi.

Menurutnya, harus ada  sistem notifikasi pengamanan yang dapat segera diketahui oleh penyedia aplikasi maupun masyarakat umum ketika ada driver taksi online yang mencoba berbuat kriminal. 

“Ini demi meminimalkam kejadian serupa terulang kembali,”  pungkas politisi Partai Golkar tersebut. 

(Hartono Harimurti /CN41 )

NEWS TERKINI