image

Foto suaramerdeka.com/dok

28 April 2018 | 11:48 WIB | Parlemen Zaman Now

Komisi VII Dukung Pengembangan Kilang Balikpapan

  • Kejar Standar Euro 4

BALIKPAPAN, suaramerdeka.com- Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih, mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh pengembangan kilang RDMP Balikpapan guna memenuhi kebutuhan BBM khususnya untuk wilayah indonesia bagian Tengah dan Timur. 

Selain itu juga utk memenuhi penggunaan BBM berstandar euro 4 yang mulai diterapkan September 2018. Oleh karena itu DPR akan terus memantau progress pengembangan kilang. "Pemerintah Indonesia harus mulai mengantisipasi kebutuhan akan bbm dengan standar ini." katanya.

Dia berharap BBM tidak hanya tersedia tapi juga harus dipikirkan sumbernya di dalam negeri. Pengembangan Kilang Balikpapan diharapkan dapat mengisi kebutuhan bbm berstandar euro 4 ini karena selain kapasitas produksi bertambah kompleksitas produksi yang dihasilkan juga meningkat. 

Project Cordinator RDMP Refinery Unit V, Suwahyanto mengatakan,"Saat ini kami sudah menyelesaikan pembangunan jetty konstruksi dan flare. Demikian juga penyiapan lahan untuk utilitis, sudah selesai. Sementara untuk unit proses sedang on progress saat ini mencapai 80 persen" 

"Dari sisi tenaga kerja, kami bekerja sama dengan pemerintah daerah, mengadakan pelatihan untuk menyiapkan tenaga kerja lokal agar ketika pengerjaan konstruksi nanti, tenaga kerja lokal siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar."

Suwahyanto menjelaskan saat ini proses lelang EPC sedang berlangsung, " Kami targetkan akhir Oktober 2018 lelang EPC selesai."

(Andika Primasiwi /CN19 )

NEWS TERKINI