image

SM/dok : TUKAR PENGETAHUAN : Anggota Kopki bertukar pengetahuan tentang boneka kartun One Piece, saat pertemuan rutin bulanan. (51)

30 April 2018 | Semarang Metro

Kopki Wadahi Kolektor Anime Bajak Laut

SEMARANG- Berawal dari kecintaan akan anime One Piece, sebuah komunitas yang berisikan para kolektor action figure, tokoh anime itu pun dibentuk. Mengusung nama Komunitas One Piece Kolektor (Kopki) Regional Semarang, komunitas itu rutin mengadakan gathering sekali dalam sebulan, untuk berbagi pengetahuan seputar anime yang menceritakan tentang sekelompok bajak laut, yang dipimpin Monkey D Luffy itu.

Berpusat di Jakarta, Kopki Semarang pun diresmikan pada 2 Maret 2016 atas persetujuan Kopki Pusat. Berbagai koleksi action figuredalam anime karya Eiichiro Oda itu pun tidak luput dijadikan koleksi, seperti Monkey D Luffy, Roronoa Zoro, Nami, Usopp, Vinsmoke Sanji, serta karakter lainnya. ”Kopki dibentuk sebagai wadah berkumpul anggota yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya.

Menurut kami, One Piece memiliki cerita yang menarik, bukan hanya tentang peperangan bajak laut, tetapi nilai persahabatan dan pertemanan juga digambarkan sangat kental,” ujar Ketua Kopki Semarang, Eko Priyadi ketika ditemui di Menara Suara Merdeka Lt 9, kemarin.

Dia menambahkan, berawal dari ketertarikan cerita dan pesan yang ada di dalam cerita, berbagai karakter pun mulai diburu dan dikoleksi. Beragam ukuran action figure ada di sana, mulai dari yang berukuran 4cm hingga 35cm. ”Kami memiliki berbagai koleksi dengan karakter yang beragam pula. Ukuran beragam, begitu juga harga,” kata dia.(res,dni,akv-51)