30 April 2018 | Semarang Metro

Wapeala Luncurkan Buku Sejarah dan Ekspedisi

SEMARANG- Mahasiswa Pecinta Alam (Wapeala) Undip Semarang, meluncurkan buku sejarah Wapeala dan ekspedisi anggotanya, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-42 di gedung Prof Soedarto, Undip, Sabtu (29/4).

Buku tersebut ditulis Sulistyo Wicaksono, anggota luar biasa angkatan ke-5 Wapeala. Peluncuran buku dilakukan sebelum seminar nasional riset dan inovasi.

Ketua Panitia HUT ke-42 Wapeala, Abdul Saad Karta Wijaya, mengatakan buku ini berisi perjalanan Wapeala selama 42 tahun. ''Melalui buku ini diceritakan anggota Wapeala dalam ekpedisinya pernah menjelajahi puncak Kilimanjaro di Tanzania, di wilayah Afrika Timur. Pernah pula menjalani ekpedisi di Puncak Jaya atau Carstenz Pyramid di Provinsi Papua,'' tandas Saad, di sela-sela peluncuran buku.

Penyusunan

Dokumentasi sejarah pecinta alam juga ditampilkan dalam buku. Termasuk juga romansa-romansanya, seperti ada suami isteri anggota Wapeala. Bahkan ada juga suami isteri, serta anaknya anggota Wapeala.

Menurut dia penyusunan buku setebal 1.630 halaman itu, dimulai Agustus 2017 hingga Januari 2018. Wapeala didirikan pada 17 April 1976. Saat peluncuran, anggota menyerahkan buku kepada Direktur Kemahasiswaan Undip, Handojo Djoko Waloejo, mewakili Rektor Undip Yos Johan Utama.(J17-51)