30 April 2018 | Semarang Metro

15 Ribu Kasus Kanker Serviks per Tahun

SEMARANG- Kanker serviks termasuk satu di antara penyakit dengan angka kejadian tinggi. Indonesia merupakan negara kedua tertinggi dengan penderita penyakit ini.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSUP dr Kariadi Semarang, dr Mirza Iskandar SpOG(K) Onk mengungkapkan, setiap tahun tidak kurang 15 ribu kasus kanker serviks terjadi di Indonesia. Setiap hari, terdapat 40 wanita yang terdiagnosis dan 20 di antaranya meninggal dunia karena penyakit ini. ''Pada 2016 dari 17,8 juta jiwa yang menderita kanker serviks, meningkat menjadi 21,7 juta jiwa pada 2017. Penyebab kenapa meningkat, salah satunya karena perilaku seks bebas,'' kata Mirza pada seminar kesehatan nasional yang diselenggarakan Laboratorium Klinik Prodia di Hotel Pesonna Semarang, kemarin.

Mirza menyatakan penyakit ini disebabkan karena virus. Virus tersebut akan mudah masuk jika pola hidup sehat tidak terjaga dengan baik. Sementara itu, dokter Dyah Prahesti dari Laboratorium Klinik Prodia, menambahkan selain dengan pemeriksaan laboratorium dan vaksinasi, langkah pencegahan juga bisa dilakukan dengan menjaga pola makan seimbang serta banyak mengonsumsi sayur dan buah. Marketing Communications Manager PT Prodia Widyahusada Tbk, Reskia Dwi mengemukakan pihaknya mendukung para wanita untuk melakukan upaya pencegahan.(ftp-51)