30 April 2018 | Solo Metro

Kartasura Dapat Perhatian Khusus

  • Hadapi Arus Mudik

KARTASURAMenjelang arus mudik Lebaran, sejumlah ruas jalan menjadi perhatian Satlantas Polres Sukoharjo. Salah satu ruas jalan yang diwaspadai ada di Tugu Kartasura dan sekitarnya karena diperkirakan akan terjadi penumpukan kendaraan. Kondisi itu dikarenakan ada dua pintu tol di sekitar Kartasura. Masing-masing di Ngasem, Kartasura dan di Klodran, Colomadu, Karangnyar. ”Tahun ini pintu tol di sekitar Kartasura sudah difungsikan sehingga diperkirakan terjadi penumpukan kendaraan di Kartasura,” jelas Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta.

Selama ini, lanjut dia, Kartasura menjadi titik simpul pertemuan arus lalu lintas dari arah Yogyakarta dan juga dari Semarang. Begitu juga arus lalu lintas dari arah timur. Pertemuan arus terjadi di Tugu Kartasura sehingga di lokasi tersebut rawan terjadi kemacetan.

Rambu Jalur Alternatif

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya macet, Finan menyatakan telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub). Khususnya mengenai pemasangan rambu-rambu penunjuk arah untuk jalur alternatif.

Kepala Dishub Sukoharjo Djoko Indriyanto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan rambu-rambu lalu lintas berkaitan dengan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jalur utama.

Dia membenarkan, Kartasura menjadi perhatian utama karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, di sana sering terjadi penumpukan arus selama arus mudik. Terlebih lagi, di sekitar Kartasura ada dua pintu tol yang akan difungsikan selama arus mudik. ”Selain Kartasura, titik yang rawan macet ada di Solo Baru. Untuk Telukan sudah lancar karena ada rekayasa lalu lintas,” ujar Djoko.

Saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, utamanya Satlantas untuk terus melakukan persiapan. Harapannya saat arus mudik Lebaran nanti tiba, tidak ada persoalan macet.(H46-73)