30 April 2018 | Suara Pantura

Pemkab Gelar Slawi Expo di Trasa

SLAWI- Dalam rangka menyambut HUT Ke-417, Pemkab Tegal menyelenggarakan Slawi Expo 2018, yang dilaksanakan pada 27 April-1 Mei di pelataran Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa).

Acara dibuka pejabat sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi pada Jumat (27/4) malam. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Suspriyanti, selaku ketua Panitia Slawi Expo 2018 mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai ajang promosi potensi serta mengembangkan gairah bagi dunia usaha sekaligus hiburan masyarakat Kabupaten Tegal. ”Kabupaten Tegal memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, agar kedepannya bisa lebih dikenal,” ujarnya.

Slawi Expo 2018 antara lain diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 48 stand, pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) 42 stan dan Perbankan enam stan. Pjs Bupati Tegal Sinoeng N Rachmadi saat membuka kegiatan tersebut mengapresiasi terhadap semua pihak yang terlibat.

Acara tersebut, menurutnya, menjadi ajang penyajian produk ekonomi bernilai tinggi dari sektor industri kreatif. Pada acara itu juga digelar pertunjukan seni budaya sebagai sarana hiburan. ”Selain mengembangkan potensi yang ada, UKM salah satu cara membuka lapangan pekerjaan serta berpengaruh menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Tegal,” tegasnya.

Pada acara tersebut, pejabat eselon II termuda di Pemrov Jateng ini bersama istri, Denok Respati Sinoeng, mengunjungi sejumlah stand dari OPD Kabupaten Tegal. Sinoeng mengapresiasi stand Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal, yang meluncurkan aplikasi Lapor Bupati Tegal berbasis android.

Hadirnya aplikasi Lapor Bupati Tegal ini diharapkan mampu meningkatkan akses komunikasi masyarakat ke pemerintahnya, terutama menyangkut pelayanan publik dan kondisi lingkungan agar semuanya dapat berjalan baik dan memuaskan. ”Diharapkan , laporan yang disampaikan melalui aplikasi tersebut bisa terjawab serta menemukan solusi,” ucap Sinoeng.

Sementara itu, stan Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal melayani masyarakat yang hadir untuk mengunduh aplikasi berbasis Android dalam Slawi Expo yang digelar lima hari berturut-turut ini. Bagi warga yang mengunduh aplikasi tersebut mendapat kenang-kenangan gantungan kunci untuk sekali. Mereka jug amendapat kesempatan mendapatkan undian setrika, kipas angin, pulpen, buku dan masih banyak hadiah lainnya.

Kasug Pemberitaan dan Dokumentasi Bagian Humas Pemkab Tegal, Hari Nugroho menyebutkan, hingga kemarin sudah ada puluhan warga yang menginstal aplikasi tersebut. ”Sampai hari ini sedikitnya sudah ada 98 member yang mengunduh aplikasi Lapor Bupati Tegal,” sebut Hari, kemarin.(H45-40)