image

SM/Irawan Iryanto : TERAPI BEKAM : Terapis membekam warga saat acara Warga Guyub yang diselenggarakan Suara Merdeka di Balai RW 06, Kelurahan Gedawang, Banyumanik, Minggu (29/4). (51)

30 April 2018 | Semarang Metro

Sembuhkan Penyakit Berbahaya dengan Bekam

ADAbanyak cara yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit. Mulai teknik pengobatan tradisional sampai modern. Satu di antara teknik tradisional tersebut yakni dengan bekam. Setelah beberapa saat mengikuti rangkaian acara Warga Guyub yang diinisiasi Suara Merdeka,AriArbowo (42) berjalan ke sisi timur panggung menuju salah satu rumah warga.

Di sana ada stan yang melayani bekam. Ari merupakan satu dari ratusan warga RW06 Kelurahan Gedawang, yang mengikuti kegiatan Warga Guyub. Dengan duduk bersila sembari kepala menunduk, punggung Ari mulai diolesi minyak oleh Muhammad Sodiq, seorang terapis bekam. Dia terlihat serius. Ke dua matanya memejam. Otot di dahi yang semula tak terlihat mulai tampak menonjol saat kop angin menempel di punggungnya. Maklum, dia baru kali pertama mengikuti teknik pengobatan tersebut. ”Saya baru kali ini ikut bekam. Memang belum terbiasa, tapi saya yakin ada manfaatnya,” kata Ari dengan suara pelan.

Sementara dari arah belakang, Muhammad Sodiq, seorang terapis bekam itu terlihat santai. Kedua tangan Sodiq yang dilapisi sapu tangan karet tampak lihai, bergerak memutar ke atas dan ke bawah. ”Sebelum dibekam, bagian yang akan bekam harus di olesi minyak agar licin dan lentur,” kata Sodiq. Tak jauh dari tempat mereka berdua duduk, terlihat perkakas berisi perlengkapan bekam seperti, kop angin, pena bekam, jarum, pengukur tekanan darah, masker, sarung tangan karet, tisu, dan tas kresek. Tidak terasa 10 menit berlalu proses bekam selesai. Resi Luwiyanti, terapis bekam lainnya itu menjelaskan, bekam merupakan salah satu teknik menyembuhkan penyakit yang dianjurkan Nabi Muhammad. ”Metode bekam ini merupakan thibun nabi (pengobatan nabi) yang dianjurkan nabi untuk umatnya,” ungkapnya.

Menurut Resi, orang yang rutin melakukan bekam, kondisi tubuh akan lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Metode bekam diyakini ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. ”Orang yang rutin melakukan bekam, akan lebih berpeluang terhindar dari penyakit berbahaya,” kata dia.

Muhammad Sodiq dan Resi Luwiyanti merupakan dua dari puluhan terapis bekam dari komunitas MIK Semar, yang ikut serta memeriahkan kegiatan Warga Guyub yang diselenggarakan Suara Merdeka.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan kali ini G Media, Hotel Neo, @hom Hotel, Grand Arkenso Hotel, Wawasan, Mie Kriuk, Cempaka, Trax FM dan Sanford.(Siswo Ariwibowo-51)