30 April 2018 | Internasional

LINTAS JAGAT

Ratusan Orang Dievakuasi karena Durian

MELBOURNE  - Sekitar 500 orang dievakuasi dari sebuah perpustakaan di Kota Melbourne, Australia lantaran ada bau menyengat yang dikira gas bocor. Dinas Pemadam Kebakaran menyebut insiden terjadi di perpustakan kampus Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Sabtu (28/4) pukul 15.00 waktu setempat. Hampir 40 petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Semuanya memakai alat pernapasan yang mencegah mereka menghirup gas beracun.

Langkah penuh kehati-hatian ditempuh karena, seperti ditulis surat kabar The Age, gedung itu diketahui menyimpan zat-zat kimia yang berpotensi membahayakan. Setelah diselidiki, para petugas menemukan bahwa sumber bau menyengat tersebut adalah sebuah durian yang ditinggalkan di dalam lemari. Bau menyengat durian tersebut menyebar ke berbagai ruangan di perpustakaan melalui sistem pendingin udara.(cnn-53)

 

 

 

Filipina Larang Kirim TKW ke Kuwait

MANILA  - Lantaran banyak TKW Filipina yang disiksa, Presiden Rodrigo Duterte menyatakan bahwa negaranya tak lagi mengirimkan tenaga kerja ke Kuwait. Sebelumnya pada Februari lalu Duterte menyatakan hanya akan menunda sementara pengiriman tenaga kerja Filipina ke Kuwait, terkait molornya penyelesaian kasus pembunuhan kejam yang dialami warga negaranya. Kasus pembunuhan kejam itu menimpa seorang tenaga kerja wanita asal Filipina yang tewas dengan tubuh ditemukan ditumpuk dalam lemari es.

Setelah kasus itu terungkap, pemerintah Kuwait dan Filipina mulai berdebat panas mengenai penyelesaiannya. Pemerintah Kuwait bahkan mengusir Duta Besar Filipina dari negaranya. "Larangan pengiriman tenaga kerja Filipina ke Kuwait, terutama untuk kebutuhan rumah tangga, akan diberlakukan secara permanen. Tidak akan ada lagi," kata Duterte, Minggu (29/4).(afp-53)