image

SM/M Noor Efendi - UNJUK KEMAMPUAN : Peserta unjuk kemampuan saat lomba senam sehat dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Balkesmas Wilayah Pati, Sabtu (28/4). (48)

30 April 2018 | Suara Muria

Balkesmas Peduli Kesehatan Lansia

  • Gelar Lomba Senam

PATI  - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Pati ditandai dengan serangkaian kegiatan. Salah satunya, lomba senam sehat bagi Lansia di halaman tempat pelayanan kesehatan yang berada di Jalan Sudirman Pati itu, Sabtu (28/4).

Sebanyak 21 kelompok lanjut usia (lansia) ambil bagian lomba yang menjadi rangkaian peringatan HLUN 2018 bertema "Lansia Sejahtera Masyarakat Bahagia". Mereka berasal dari Pati, Kudus, Rembang, Blora, dan Jepara.

Kepala Balkesmas Wilayah Pati Desie Frihandini Afief mengatakan, peringatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesehatan lansia, yang belakangan jumlahnya kian meningkat.

Sekaligus sebagai promosi dalam rangka menarik perhatian masyarakat untuk berperan aktif melakukan upaya-upaya yang memberi dampak pada peningkatan kesehatan Lansia.

"Termasuk upaya untuk berpihak pada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lansia serta menjamin peningkatan aktualisasi diri dan peran sosialnya di masyarakat," ujarnya di sela-sela lomba senam.

Lebih lanjut dia menjelaskan, perhatian itu diberikan lantaran menjadi tua adalah peristiwa yang akan dialami semua manusia.

Akan tetapi, memasuki masa tua yang sehat, mandiri, dan bahagia perlu diupayakan sejak dini. Desie menyebutkan, berdasar catatan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), populasi lansia meningkat dua kali lipat dalam tempo 25 tahun.

Lembaga dunia itu memperkirakan jumlah penduduk berusia lanjut mencapai 600 juta jiwa di seluruh dunia. Sementara itu, di Indonesia populasi lansia sebanyak 18 juta jiwa.

Diperkirakan jumlah itu akan meningkat menjadi 41 juta jiwa pada 2035. "Perbaikan pelayanan kesehatan, kemajuan ekonomi, ilmu pengetahuan, dan teknologi turut menjadi dasar adanya peningkatan umur harapan hidup rakyat Indonesia mencapai 73,7 tahun.

Adapun di Jawa Tengah, umur harapan hidup mengalami peningkatan pada 2010 yakni 72,73 tahun dan pada 2016 mencapai 74,02 tahun," paparnya.

Desie mengemukakan, lomba senam sehat bagi lansia juga bertujuan untuk meningkatkan mutu kehidupan usia lanjut untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna.

Selain senam, pihaknya juga menggelar lomba video blog (vlog) bagi pelajar SMA/SMK bertema "Sehat Masa Mudaku untuk Masa Tuaku". Kalangan remaja dilibatkan agar mereka mulai bertanggung jawab atas kesehatannya.(H49-48)