30 April 2018 | Suara Banyumas

Korban Kebakaran Terima Santuan

PURBALINGGA  - Para korban musibah bencana alam, kebakaran, dan penderes yang jatuh dari pohon kelapa, mendapat santunan dari pemkab melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda. Mereka berasal dari 29 desa sebanyak 51 orang.

Bupati Tasdi menyampaikan, korban penderes jatuh dari pohon kelapa pada 2018 sebanyak 13 penderes, dimana tiga orang meninggal dunia, satu orang cacat tetap, dan sembilan orang cacat. Diharapkan, keluarga yang ditinggalkan bisa melanjutkan perjuangan hidup mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Pemkab akan berupaya membantu dengan bantuan alat kesehatan yang akan segera disampaikan kepada para korban cacat. ''Semoga di tahun ini, mulai Mei dan seterusnya tidak bertambah penderes yang jatuh,'' ujarnya saat menyerahkan bantuan di ruang Ardi Lawet kompleks Setda, baru-baru ini.

Pihaknya terus berpikir, bagaimana caranya ada alat agar mengambil air nira kelapa tidak harus memanjat pohonnya, akankah ada inovasi yang menciptakan pohon yang tidak terlalu tinggi namun dapat diambil niranya. Selain itu, hingga April kasus kebakaran pada 2018 sudah terjadi sebanyak 38 kali.

Padahal Januari sampai dengan April masih masuk musim hujan. Diharpkan saat musim kemarau jangan terjadi lagi musibah kebakaran. ''Saya minta masyarakat untuk selalu berhati-hati, terutama pada kegiatan memasak di dapur yang menggunakan kayu bakar, kompor, maupun listrik,'' ujarnya. (F10-72)