30 April 2018 | Semarang Metro

Pelajar SMK Diberi Pembekalan

KENDAL- Ratusan pelajar kelas XII SMK 4 Kendal diberi pembekalan oleh pihak sekolah, Jumat (27/4). Kegiatan yang digelar di aula sekolah tersebut, sebagai bekal mereka menentukan masa depan setelah lulus.

Pembekalan menghadirkan nara sumber pemilik Aldila Resto, Cahyanto, dari kalangan pengusaha dan dari Dinas Tenaga Kerja. Cahyanto menuturkan perjalanan hidupnya dari semula menjadi seorang guru di Kudus, menjadi agen koran dan menggeluti bisnis lain berupa percetakan dan sablon. ”Meski saya mengajar, tetapi tidak malu untuk menjadi agen koran. Saya lalu melihat peluang bisnis lain, yakni percetakan dan sablon. Waktu itu masih dilakukan secara manual,” ucap Cahyanto.

Dia terus mencari peluang bisnis dan hingga sekarang memiliki usaha pemancingan dan tiga gerai toko roti yang berada di Kecamatan Kaliwungu, Kendal, dan Pegandon. ”Menjadi seorang pengusaha dibutuhkan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah. Selain itu harus mempunyai perencanaan untuk pengembangan usahanya,” imbuh dia.

Kabid Penempatan Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja, Kisnandar mengatakan, intansinya membuka kesempatan bagi siswa-siswi kelas XII untuk menambah pengetahuan dan kemampuan sebelum terjun ke dunia kerja. Dinas Tenaga Kerja siap memberikan berbagai macam pelatihan yang mungkin tidak ada di sekolah. ”Kesempatan itu juga terbuka untuk masyarakat. Peserta pelatihan tidak dibebani biaya,” ujarnya.

Kepala SMK 4 Kendal, Kusdarmanto menambahkan, pembekalan itu bertujuan memberikan motivasi kepada siswa-siswi yang hendak lulus, sehingga peserta didik bisa menentukan langkah, apakah hendak meneruskan ke perguruan tinggi, terjun ke dunia kerja, atau berwirausaha.(H36-57)