image
29 April 2018 | Kabar Gadget

Techni Clue

CHIPSET QUALCOMM SNAPDRAGON

636 Baik ZenFone Max Pro M1 atau Redmi Note 5, keduanya sama-sama mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 636. Hal ini pun kabarnya menjadi standar chipset menengah terbaik, menggantikan Qualcomm Snapdragon 625 yang sudah populer digunakan. Soal performa, pihak Qualcomm pun pernah mengklaim bahwa performa chipset ini lebih tinggi 40% dibanding dengan versi sebelumnya. Soal pemakaian baterai pun, Snapdragon 636 juga menggunakan fabrikasi 14nm yang membuatnya hemat daya.

PURE ANDROID OS 8.1 OREO

Salah satu sektor ini mungkin membuat sebagian kalangan cukup dikagetkan. Bukan lagi ZenUI khas ASUS, kini ZenFone Max Pro M1 malah menggunakan Pure Android OS dengan tampilan ala stock tanpa embel-embel bloatware. Menggunakan basis Android 8.1 Oreo yang paling update membuat performanya agak sedikit lebih baik.

KAPASITAS BATERAI LEBIH BESAR

Seperti pada umumnya, seri ZenFone Max membawa kapasitas baterai besar. Hal ini pun tetap dibawa pada ASUS ZenFone Max Pro M1 yang menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh, berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 5 yang hanya 4000 mAh saja. Didukung dengan prosesor hemat daya, tentu bakal semakin memaksimalkan baterai besar ini. Lalu bagaimana soal pengisian daya? Smartphone ini pun katanya dilengkapi fast charging yang membuat pengisian baterai hingga penuh hanya memakan waktu sekitar 2,5 jam.

OPSI MEMORI LEBIH BANYAK

Berbeda dengan Redmi Note 5 yang hanya menawarkan 2 opsi saja, ASUS menawarkan 3 opsi dari seri smartphone terbarunya ini. ASUS ZenFone Max Pro M1 hadir dalam versi 3/32GB, 4/64GB dan 6/64GB untuk keperluan gaming mobile. Lalu apa sajakah perbedaannya? Hampir semua sektor nggak ada pembeda, kecuali pada bagian kamera. Pada versi 3/32GB dan 4/64GB, ZenFone Max Pro M1 menggunakan kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP + 5MP. Sementara itu pada versi 6/64GB paling tinggi, bakal menggunakan kamera depan 16MP dan kamera belakang 16MP + 5MP untuk kebutuhan fotografi.(63)