28 April 2018 | Edukasia

Bipa Buka Peluang Kerja Sama Internasional

SEMARANG- Mengawali diplomasi kerja sama melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (Bipa), dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Wati Istanti menjadi dosen tamu Bipa di Fuqing Branch of Fujian Normal University (FBoFNU), pada 15-30 April 2018. Kegiatan ini juga menjadi pintu gerbang untuk membuka berbagai peluang kerja sama program lain di seluruh fakultas di Unnes.

”Kegiatan ini merupakan kegiatan implementasi MoU antara Unnes dengan FBoFNU beberapa bulan yang lalu ketika pimpinan FBoFNU bertandang di Unnes,” jelas Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman dalam siaran pers, kemarin. Ia menambahkan, hasil diplomasi kerja sama yang telah terjalin selain program Bipa adalah dikirimkannya mahasiswa dan dosen olahraga dari universitas tersebut ke FIK Unnes pada September mendatang.

Selain itu kegiatan intensif course selama dua minggu juga telah dirancang dengan peserta 20 mahasiswa asing yang akan belajar bahasa dan budaya Indonesia ke Unnes tahun ini. ”Hal lain yang juga disepakati dalam diplomasi kerja sama lainnya adalah adanya transfer credit bagi mahasiswa,” jelasnya. Menurutnya, Bipa adalah jembatan untuk pengembangan program- program yang ada di Unnes.

Mengingat bahasa Indonesia adalah bahasa yang telah ditetapkan sebagai bahasa resmi di ASEAN. Bahkan, telah tumbuh bagi beberapa negara di dunia yang mengembangkan bahasa Indonesia di universitasnya maupun negaranya. ”Salah satunya adalah Fuqing Branch of Fujian Normal University di Tiongkok,” jelasnya.(G2-42)