23 April 2018 | Koran Sekolah

Belajar di Luar, Menambah

Haiguys... baru-baru ini SMK 2 Yogyakarta mengadakan outdoor study nih. Outdoor Study adalah salah satu kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar lingkungan sekolah. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar siswa dapat mengetahui dunia industri dan memperoleh gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya.

Pokoknya asyik banget deh... Kegiatan outdoor study ini diikuti oleh siswa kelas X semua jurusan, di mana dalam kegiatan ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama berangkat pada Rabu (18/4).

Siswa yang berangkat menuju ke Kota Semarang meliputi Kompetensi Keahlian Koordinator Rubrik Aksi Genz : Dewi Melati Sukma (SMK N 7 Semarang) Sabina Amanda Fhonna (SMA Nasima Semarang) Nur Shabrina Nashiroh (SMA Nasima Semarang) Hero Kita : Naafi Putri S (SMK N 4 Semarang) Faizal Hadid M (SMA Nasima Semarang) Yusuf Muhamad Z (SMA Nasima Semarang) Warta Anget : Raina Dinda (SMA N 4 Semarang) Novia Pangestika (SMA N 2 Semarang) Narsis Nih : Evitta Abrillia S (SMK N 8 Semarang) Mila Almira (SMK N 8 Semarang) Zona Seni : Susmita Eka M(SMK N 7 Semarang) Saiful Ardiansah (SMK N 4 Semarang) Kamus Cah Eksis : Ahmad Fahmir Rijal (SMK N 8 Semarang) Humas : Chairunnisa S (SMA N 4 Semarang) Rani Amanda F ( SMA N 4 Semarang) Siti Barkah Oktaviana (SMK 4 Semarang) Pemimpin Redaksi : Arif Ardianzah (SMK N 4 Semarang) Wakil Pemimpin Redaksi : Prisma Tia Ningrum (SMA N 2 Semarang) Sekretaris : Az Zahra Hillarysa (SMK N 7 Semarang) Susunan Redaksi Eksis Hai... hai... Kira-kira sekolah mana yang akan mengisi EKSIS minggu selanjutnya ya?

Ikutin terus ya Gengs.... Belajar di Luar, Menambah Pengetahuan Dunia Usaha Multimedia (MM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio Video (TAV), dan Geomatika (GEO).

Sementara kloter kedua berangkat pada Kamis (19/4), meliputi jurusan Teknik Pemesinan (TP), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Design Pemodelan Instansi Bangunan (DPIB), dan Konstruksi Gedung Santisasi Pembangunan (KGSP). Di Semarang ada beberapa tempat industri yang kami kunjungi, antara lain PTJamu Sido Muncul, Indofood, Teh Botol Sosro, dan media koran harian Suara Merdeka.

Selain itu, kami juga berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kota Semarang. Antara lain ke Sam Poo Kong dan Lawang Sewu. Di kuil Sam Poo Kong, siswa Multimedia 1 dan Multimedia 2 ini langsung mengadakan observasi untuk ditulis sebagai laporan dan nantinya dipresentasikan kepada guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

Usai dari kuil Sam Poo Kong, rombongan melanjutkan perjalan menuju Lawang Sewu, yang ternyata setelah dihitung hanya ada 928 pintu, bukan 1.000 pintu. Istilah Lawang Sewu hanyalah simbolik dari warga sekitar, karena bangunan itu memiliki banyak pintu dan jendela. Nah, akhirnya kita jadi tahu deh setelah adanya outdoor study ini. (Beni, Hisbaron Annas, kelas X MM)