image
22 April 2018 | Kabar Gadget

OPPO F7

SMARTPHONE Berkamera Selfie 25 MP

OPPObaru saja meresmikan kehadiran smartphone terbarunya, Oppo F7. Anggota terbaru ponsel F series besutan Oppo ini diperkenalkan dalam acara peluncuran yang digelar di kota Mumbai, India, Senin (26/3/2018).

Kurang dari sebulan setelahnya, smartphone papan tengah tersebut resmi hadir di Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Selasa (17/4/2018). “Kami terus menyesuaikan dengan kebiasaan anak muda dan bisa menjadi brand yang disukai anak muda di dunia. Saya senang akhirnya hari ini OPPO F7 bisa meluncur,” ujar Marketing Director OPPO Indonesia Alinna Wenxin saat presentasi peluncuran OPPO F7 di Ballroom Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta.

Oppo F7 mengusung desain yang tampak berbeda dibandingkan ponsel-ponsel dari seri F sebelumnya. Perangkat ini didesain khusus untuk unggul pada teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Terutama untuk sisi kameranya. “OPPO F7 merupakan sebuah perangkat dengan teknologi AI beauty 2.0 dan sensor high dynamic range (HDR) realtime,” imbuh Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia saat acara launching F7.

Ia juga menuturkan, Oppo “Kami meningkatkan kemampuan fitur beautify pada Oppo F7 untuk menghasilkan hasil gambar yang lebih detail. Selain itu, kami pun membuat algoritma khusus untuk mengenali jenis kelamin, warna kulit, umur, dan jenis kulit,” tuturnya menjelaskan.

Seperti Oppo F5 sebelumnya, fitur andalan Oppo F7 adalah teknologi AI Beauty yang mengoptimalkan hasil jepretan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) untuk kamera depan dan belakang. menambah titik pengenalan wajah menjadi 296 titik. Oppo juga menambah sejumlah fitur kamera baru, seperti mode High Dynamic Range, Super Vivid, dan Depth Effect (bokeh) yang bisa diaktifkan secara bersamaan dengan AI Beauty untuk menghasilkan foto “cover shot” yang tampak lebih menarik.

Layar Oppo F7 yang berukuran 6, 23 inci memiliki resolusi 2.280 x 1.080 piksel dan aspect ratio 19:9. Bingkainya tipis seperti model F5 terdahulu, tapi ada perbedaan paling kentara dalam bentuk ìponiî alias notch, berupa takik yang menjorok ke bagian dalam layar di sisi atas perangkat. Di bagian poni layar ini, Oppo menyematkan fitur andalan F7, yakni kamera selfie 25 megapiksel (lensa f/2.0) dengan sensor Sony IMX 576 yang diklaim untuk pertama kalinya hadir di smartphone lewat Oppo F7.

Spesifikasi

Bicara kamera, kedua tipe F7 ini dibekali dengan kamera belakang 16 MPdengan bukaan f/1.8. Namun, yang menjadi andalan adalah kamera depannya yang memiliki lensa 25 MP. Perangkat F7 yang akan beredar di Indonesia memiliki spesifikasi yang sama dengan India.

Pabrikan Negeri Tirai Bambu ini mentenagai Oppo F7 menggunakan chipset Mediatek Helio P60 yang merupakan chipset yang bisa dikatakan sangat baru.

Diperkenalkan dalam Mobile World Congress (MWC) 2018 pada akhir Februari lalu, prosesor ini mengemas 8 inti dengan format ARM big. Terdapat 4 inti ARM Cortex- A73 seperti yang terdapat pada Helio X30 dan 4 inti ARM Cortex- A53 yang masing-masing inti memiliki kecepatan 2.0 Ghz.

Procesor ini memiliki kekuatan tinggi yang disebut mampu menyamai kinerja dari prosesor Snapdragon 660. F7 hadir dengan dua varian penyimpanan 4GB/64GB dan 6GB/128GB yang dapat diperluas dengan slot microSD hingga 256GB. Ini juga dikombinasikan dengan ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo, serta baterai 3400mAh yang diklaim bisa tahan selama 33,5 jam dalam mendengarkan musik, 13,4 jam menonton video, dan 8,3 jam bermain game. OPPO menghadirkan varian warna Solar Red dan Moonlight Silver tersedia 17 April 2018, Solar Red dengan RAM 6/128 GB tersedia 25 April 2018, dan varian Black Diamond akan hadir pada 3 Mei 2018. Banderol harga Oppo F7 di Indonesia dipatok Rp 4,2 juta untuk varian RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Sementara harga Oppo F7 varian RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB menyusul dijual belakangan, dengan banderol Rp 5,5 juta. Di samping kapasitas RAM dan penyimpanan, kedua varian Oppo F7 memiliki spesifikasi yang identik.( 63)