08 April 2018 | Jalan-jalan

Paket Wisata Susur Gua

PENGELOLAwisata alam Gua Pancur yang terhimpun dalam Kelompok Sadar Wisata Gasong Community menyediakan sarana cave tubing dan susur gua. Sarana itu dilengkapi fasilitas keamanan bagi pengunjung berupa helm dan lampu sorot, pelampung, serta sepatu bot.

Peserta susur gua tidak perlu takut dan repot memikirkan peralatan. Pengelola telah menyediakan peranti yang dibutuhkan serta menyediakan pemandu profesional. Untuk menelusuri keindahan di dalam gua, pengelola membatasi peserta maksimal sekali berangkat 20 orang.

Perjalanan menyusuri gua paling cepat ditempuh dalam waktu satu setengah jam pergipulang. Tarif penyusuran gua setiap Rp 20.000. Para pemandu menuturkan wisatawan akan merasakan sensasi tiada dua saat menikmati keunikan susur gua saat mendekati titik 827 meter. Di titik itulah ada sumber air hangat. Perjalanan menyusuri gua terbagi dalam tiga etape.

Etape pertama berjarak sekitar 200 meter. Para wisatawan akan disambut ruangan gua yang lebar, sapaan air mengalir yang jernih setinggi selutut, ornamen gua yang menarik dan tetesan air dari stalaktit dan stalakmit. Etape kedua sejauh 400 meter. Saat itulah pengunjung akan dimanjakan oleh ornamen gua yang menarik dan eksotik.

Pada etape itu bisa dipastikan para pengunjung yang suka berswafoto tidak akan menyia-nyiakan momen dan panorama indah di dalam gua. Pada etape ketiga, menjelang radius 700-an meter, wisatawan bakal berdecak kagum melihat pesona alam Gua Pancur. Sensasi dan aroma khas gua dan ornamen alami serta sambutan air hangat akan membuat wisatawan seakan terbawa ke alam lain. Sungguh menyenangkan. Ya, itulah sumber air hangat yang indah.(44)