image

TRUK MATERIAL: Sejumlah truk membawa material untuk pembangunan jalan penghubung exit tol di ruas Ampera-Sutami. (suaramerdeka.com/Isnawati)

30 April 2018 | 21:30 WIB | Suara Pantura

Pembebasan Tahap II Telan Rp 8 Miliar

  • Pelebaran Jalan Penghubung Exit Tol

PEKALONGAN, suaramerdeka.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan menyiapkan anggaran Rp 8 miliar untuk membebaskan lahan guna pembangunan jalan penghubung exit tol tahap II, tahun ini. Pembebasan kedua ini untuk penambahan lebar jalan selebar 10 meter, dari 20 meter menjadi 30 meter.

Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang dan Pertanahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Pekalongan, Khaerudin menjelaskan, anggaran pembebasan lahan tahap II tersebut akan dialokasikan pada APBD-Perubahan 2018.

"Di perubahan anggaran disediakan anggaran Rp 8 miliar khusus untuk biaya pembebasan yang 10 meter ini," terangnya, Minggu (29/4).

Pemkot sebenarnya sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 53 miliar. Namun, anggaran tersebut terserap untuk membebaskan lahan segmen Adi Sucipto (Kelurahan Soko Duwet)-Ampera.

"Untuk segmen Ampera-Adi Sucipto, perkiraan awal pembebasan lahan hanya Rp 7 miliar. Namun setelah dilakukan penilaian oleh tim appraisal, pembebasan lahan menjadi Rp 13 miliar, sehingga anggaran yang dulu sudah disediakan untuk membayar penambahan lebar 10 meter, sudah habis dan akan dialokasikan di anggaran perubahan," paparnya.

Tiga Segmen

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Pekalongan pada tahap II tahun ini akan membebaskan 107 bidang tanah  untuk pelebaran jalan penghubung exit tol. Lahan yang akan dibebaskan pada tahap II tersebut seluas 2,08 hektare.

Ke-107 bidang tanah yang akan dibebaskan tersebut berada di Kelurahan Soko Duwet, Kecamatan Pekalongan Selatan dan Kelurahan Kalibaros, Kecamatan Pekalongan Timur.

Jalan penghubung exit tol akan dibangun sepanjang 3,32 kilometer yang terbagi dalam tiga segmen. Dari kebutuhan lahan seluas 10 hektare, sampai dengan April tahun ini, untuk segmen Ampera-Adi Sucipto (Soko Duwet) sepanjang 1,25 kilometer sudah 100 persen dibebaskan.

‘’Segmen Ampera-Adi Sucipto sepanjang 1,25 kilo meter dengan lebar 30 meter sudah selesai dibebaskan,’’ terangnya.

Sementara untuk segmen Ampera-Ir Sutami sudah dibebaskan pada tahun 2016 sepanjang 1,59 kilo meter. Namun lahan yang dibebaskan saat itu baru selebar 20 meter. Begitu juga segmen Ir Sutami-Sutomo sepanjang 333 meter sudah dibebaskan pada tahun 2016. Namun yang dibebaskan juga baru selebar 20 meter.

‘’Karena itu, pada tahun 2018 akan dilakukan pembebasan lahan tahap kedua, lahan selebar 10 meter di ruas Ampera-Ir Sutami dan Ir Sutami-dr Sutomo,’’ jelasnya.

(Isnawati /SMNetwork /CN40 )

NEWS TERKINI