image

Foto: Pelindo3

30 April 2018 | 13:45 WIB | Ekonomi dan Bisnis

Genjot Produktivitas, Pelindo III Tambah Peralatan Pelabuhan

SURABAYA, suaramerdeka.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) berinvestasi dengan mendatangkan peralatan angkat peti kemas untuk ditempatkan di beberapa pelabuhan yang dikelolanya. Sepanjang 2018, BUMN operator pelabuhan tersebut siap mendatangkan tujuh reach stacker(kendaraan pengangkat peti kemas).

"Bertambahnya peralatan HMC dan reach stacker  akan meningkatkan produktivitas operasional di lapangan penumpukan. Sehingga produktivitas terminal peti kemas yang dikelola Pelindo III akan terus meningkat seiring peningkatan throughput(arus peti kemas)," kata CEO Pelindo III Ari Askhara, di Surabaya, Senin (30/4).

Ari Askhara mengungkapkan, Pelindo III juga memberi perhatian lebih pada pengembangan pelabuhan-pelabuhan di luar Jawa untuk mendorong perekonomian setempat. Datangnya peralatan tambahan akan meningkatkan efektivitas kinerja.

"Efektivitas operasional akan membawa manfaat pada pemilik barang. Karena potensi adanya keterlambatan layanan akibat antrean (menunggu alat) semakin minim dan jika ada alat yang perlu direparasi, peralatan pengganti sudah tersedia," ujarnya.

Engineering and ICT Director Pelindo III, Husein Latief memaparkan reach stacker  baru ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Teluk Lamong, serta di Kalimantan Tengah untuk Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai.

"Selain dilengkapi dengan mesin berteknologi baru pabrikan Volvo yang lebih bertenaga dengan kapasitas angkat hingga 31 ton pada row kedua. Mesin baru ini juga lebih hemat bahan bakar, sehingga lebih hemat biaya operasional dan yang terpenting lebih ramah lingkungan," jelasnya.

Pemilihan reach stacker  untuk pelabuhan kecil, perlu mempertimbangkan luasan lapangan penumpukan yang lebih sempit. "Akhirnya kami memilih reach stacker dengan wheel base  yang panjang, yakni 6,25 meter, dengan kapasitas angkat di row kedua cukup besar. Karena fitur ini bermanuver dengan baik di tempat sempit dan mampu mengangkat peti kemas di tingkat dua dengan posisi pengambilan miring dan mengurangi risiko tipping/overload," tambahnya.

(Linda Putri /SMNetwork /CN33 )

NEWS TERKINI