image

Foto: Istimewa

30 April 2018 | 09:24 WIB | Suara Kedu

Pemkab Sleman Luncurkan Layanan Pojok UKM

SLEMAN, suaramerdeka.com- Guna meningkatkan pelayanan dan pembinaan kepada koperasi dan UKM, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggulirkan program Pojok UKM. Program ini merupakan hasil kerjasama dengan dinas dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) DIY.

Melalui layanan ini, pelaku UKM berkesempatan melakukan konsultasi terkait seluk-beluk pengembangan usaha. Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman Pustopo, kehadiran Pojok UKM ini merupakan jawaban atas kebutuhan para pelaku usaha level mikro, kecil, dan menengah yang tengah merintis maupun mengembangkan bisnisnya.

"Kami memberikan fasilitasi dan pendampingan menyangkut pengetahuan bisnis. Semisal dari aspek kelembagaan, pengelolaan usaha dan SDM, strategi, produksi, akses pembiayaan, branding produk, pengembangan jaringan pasar hingga IT," paparnya kepada wartawan, Senin (30/4).

Layanan konsultasi yang disediakan dalam program Pojok UKM ini bersifat pribadi, dan fokus pada solusi. Dengan langkah ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha menyelesaikan permasalahan bisnisnya.

Untuk berkonsultasi, pelaku usaha mikro tidak dikenai biaya alias gratis, namun sebelumnya wajib mendaftar lewat Whatsapp atau telpon ke nomer 081280019900. Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Endah Sri Widiastuti menambahkan, kegiatan Pojok UKM sudah berlangsung sejak awal April 2018, dan akan berjalan hingga Desember mendatang.

"Target kami, tahun depan pelayanan dapat meningkat menjadi PLUT yang berdiri secara mandiri. Dengan demikian, pelayanan pengembangan terhadap koperasi dan UKM bisa lebih komprehensif," ujar Endah.

Setiap minggunya, Pojok UKM menyediakan waktu dua hari yakni pada Senin dan Kamis mulai pukul 09.00-15.00 bertempat di kantor Dinas Koperasi dan UKM Sleman. Pada hari konsultasi terdapat tema agar persoalan yang dikonsultasikan lebih fokus. Contohnya pada Kamis (26/4) lalu, tema yang diusung adalah Kiat Sukses Marketing Mix, dan pada Senin (30/4) ini temanya berkaitan akses pembiayaan.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN26 )

NEWS TERKINI